Pemkot Serahkan 27 Truk Sampah

Sumber:Pikiran Rakyat - 09 Oktober 2007
Kategori:Sampah Luar Jakarta
BANDUNG, (PR).-Pemerintah Kota Bandung menyerahkan 27 armada pengangkut sampah kepada PD Kebersihan Kota Bandung untuk meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat. Ke-27 armada tersebut, terdiri dari dua unit dump truck dan 25 unit amrol truck. Selain itu, Pemkot Bandung juga menyerahkan satu wheel loader dan 14 unit container. Penyerahan dilakukan oleh Sekretaris Daerah Kota Bandung Edi Siswadi kepada Dirut PD Kebersihan Kota Bandung Awan Gumelar, di Plaza Balai Kota, Jln. Wastukancana, Bandung, Senin (8/10).

Armada pengangkut sampah ini statusnya pinjam pakai, yakni milik Pemkot Bandung yang dipinjamkan pada PD Kebersihan untuk melayani masyarakat. Penambahan 27 unit armada pengangkut atau truk di tahun 2007 dan 20 unit di tahun 2006, paling tidak bisa mengatasi 30 persen hingga 40 persen dari kebutuhan ideal, yakni 147 unit, ujar Edi.

Penambahan armada pengangkut sampah, lanjutnya, merupakan hal yang krusial untuk mengatasi permasalahan sampah di Kota Bandung. Jadi, kalau hingga saat ini masih ada tumpukan sampah di beberapa TPS tolong dimaklumi. Kita masih kekurangan kira-kirar 60 persen atau 100 truk lagi, katanya.

Awan menambahkan, ke-27 truk yang diterima itu akan langsung dioperasionalkan, khususnya untuk mengangkut sampah di TPS-TPS yang masih terjadi penumpukan seperti di TPS Pasar Sederhana dan TPS Tegallega.

Adanya penambahan 27 truk, berarti dalam satu hari kita akan menambah 27 unit x 3 rit, yakni 81 rit. Mudah-mudahan dengan penambahan ini penumpukan sampah bisa diminimalisasi, tuturnya. (A-154)



Post Date : 09 Oktober 2007