Pemkab Siap Droping Air

Sumber:Suara Merdeka - 03 Agustus 2007
Kategori:Air Minum
PURWOKERTO-Pengiriman air bersih untuk Dusun Kalisetra, Desa Plangkapan, Kecamatan Tambak dan Desa Wanadadi, Kecamatan Sumpiuh, yang sumur warganya terintrusi air laut, masih menunggu pengajuan pembelian air ke PDAM.

''Permohonan sudah kami ajukan ke PDAM. Jika hari ini (kemarin) bisa disetujui, kalau tidak besok (hari ini) atau lusa sudah bisa dilakukan,''kata Kasi Pelayanan Kesehatan dan Kesejahteraan Masyarakat Bagian Kesra Setda, Kristin Lestari.

Menurutnya, saat ini dua unit mobil tangki, satu milik Pemkab dan satu milik PDAM, sudah siap dioperasikan. Satu unit mobil mampu membawa sekitar 4.000 liter.

''Disposisi PDAM itu terkait dengan pengambilan airnya. Kalau sudah ada kami langsung kirim. Ya sehari bisa dikirim 2-3 tangki,'' katanya.

Seperti diberitakan, sejak sepekan lalu, sumur warga dua desa tersebut tercemar air laut yang meresap lewat sungai yang melintas di desanya. Airnya terasa asin dan sebagian berwarna cokelat, sehingga harus mengambil dari luar desa, yang airnya relatif jernih. Terutama untuk air minum dan masak.

Lebih lanjut Kristin mengatakan, pihak Pemkab sebenarnya sudah siap mengantisipasi dampak musim kemarau tahun ini. Pengiriman belum bisa dilakukan cepat, hanya karena masalah teknis, terkait koordinasi dengan dinas/ instansi lain. ''Pengajuan permohonan bantuan sudah kami terima beberapa waktu lalu. Cuma untuk menindaklanjuti butuh prosedur dulu,'' tandasnya.

Pengiriman 2-3 tangki sehari itu, katanya, bisa untuk cadangan minum beberapa hari ke depan. Kalau ada permintaan lagi, juga akan dikirim. ''Untuk sementara yang mengajukan bantaun air bersih baru Desa Plangkapan dan Wanadadi,'' ujarnya. (G22-29)



Post Date : 03 Agustus 2007