Pemkab Magelang Mulai Dropping Air

Sumber:Koran Sindo - 03 Agustus 2007
Kategori:Air Minum
MAGEANG (SINDO) Pemkab Magelang mulai melakukan dropping air bersih, ke sejumlah wilayah yang dilanda kekeringan. Dropping pertama, telah dilakukan di Desa Kenalan, Kec Borobudur.

Desa tersebut merupakan desa pertama yang saat ini diberikan bantuan air bersih. Kepala Kantor Kesbanglinmas Kab Magelang Edi Susanto mengatakan, telah mengatur jadual droping air bersih ini di sejumlah wilayah. Sebab, beberapa Kecamatan telah mengajukan permintaan air bersih. Nanti, kita atur secara bergilir, katanya, kemarin. Dia menyebutkan, Desa Kenalan menjadi daerah pertama yang mendapatkan bantuan air bersih. Sesuai dengan permintaan, maka bantuan ke daerah tersebut akan diberikan tiga kali yaitu pada 1, 6, dan 10 Agustus.

Setiap harinya, bantuan air yang diberikan sebanyak tiga tangki, dengan kapasitas masing- masing tangki 5.000 liter. Hal yang sama, juga berlaku bagi daerah lainnya. Kita atur tiga kali droping ini dulu, terangnya. Namun, kata Edi, jika setelah dilakukan droping air, warga masih merasa membutuhkan bantuan air lagi, maka tidak menutup kemungkinan jadwal penyaluran air itu akan diperpanjang. Diakuinya, dalam penyaluran air ini masih terkendala keterbatasan sarana prasarana. Di kantor ini sendiri, hanya tersedia dua tangki.

Karena permintaan tiap desa mencapai tiga tangki, kita sudah mengajukan bantuan satu tangki dari pemprov, terangnya. Sekretaris Komisi C DPRD Kab Magelang Suwarso meminta, Pemkab Magelang segera melakukan antisipasi terkait datangnya musim kemarau saat ini. Maklum, selain kekurangan air bersih, juga sangat rentan terhadap adanya berbagai penyakit. (muh slamet)



Post Date : 03 Agustus 2007