Pemerintah Tambah Pasokan Air Bersih ke Aceh

Sumber:Tempo Interaktif - 15 Januari 2005
Kategori:Air Minum
TEMPO Interaktif, Jakarta: Departemen Pekerjaan Umum mengirimkan 15 truk tangki air bersih tambahan ke Propinsi Nanggroe Aceh Darussalam.

Dari 15 truk tangki air bersih, 10 diantaranya akan ditempatkan di Banda Aceh, sisanya di Meulaboh. Menteri PU Djoko Kirmanto mengatakan saat ini di Banda Aceh telah beroperasi sembilan unit truk tangki air bersih dan di Meulaboh sebanyak tujuh unit.

"Di Banda Aceh akan tersedia 19 truk tangki air, sedangkan di Meulaboh menjadi 12 unit," katanya di Jakarta, Sabtu (15/1).

Air bersih, lanjutnya, sangat diperlukan di Aceh dan Sumatra Utara karena jaringan distribusi air rusak. Truk-truk tersebut akan menyalurkan air dari tempat penjernihan ke tempat-tempat yang memerlukan.

Selain tangki air bersih, Departemen PU juga mengirim hidran umum, sehingga masyarakat bisa mengambil air bersih di tempat hidran tersebut.

Mengenai kondisi wilayah Kabupaten Calang yang masih terputus dengan wilayah lainnya, Djoko mengatakan, PU bersama TNI akan mengusahakan penembusan melalui jalan darat dari Meulaboh ke Calang. "Saat ini, untuk mencapai Calang harus menggunakan kapal-kapal TNI AL yang dapat langsung merapat ke darat," katanya.Ia menambahkan perbaikan jembatan yang menghubungkan Meulaboh-Calang-Banda Aceh belum bisa dilaksanakan karena kerusakannya sangat parah. (agriceli)

Post Date : 15 Januari 2005