Pembelajaran Pelaksanaan MDGs di Sulawesi Selatan dan Sulawesi Barat (Paket E MDGs)

Penerbit:Jakarta, Badan Pusat Statistik, 2009, 48 hal
No. Klasifikasi:307.14 BAD p
Kata Kunci:MDGs, tujuan pembangunan milenium, Indonesia, pembelajaran pelaksanaan MDGs, Sulsel, Sulbar
Lokasi:Perpustakaan AMPL, Telp. 021-31904113
Kategori:Buku

Data MDGs sangat penting bagi perencanaan dan monitoring kegiatan pembangunan baik di tingkat nasional maupun di tingkat daerah. Dalam rangka memantau capaian semua target MDGs yang juga tertuang dalam RPJM Nasional dan daerah, diperlukan indikator-indikator yang tersedia secara berkesinambungan.

Salah satu contoh pentingnya ketersediaan data MDGs adalah untuk memudahkan pemerintah kabupaten/ kota melakukan program di berbagai bidang antara lain kemiskinan, pendidikan, gender, kesehatan, lingkungan hidup, dan perumahan serta fasilitasnya.

Data MDGs tersebut akan membantu mengetahui posisi pencapaian setiap tujuan dan target MDGs di setiap kabupaten/ kota yang memberikan gambaran kondisi sebenarnya yang terjadi di lapangan. Dari gambaran tersebut, dapat diambil langkah strategis yang tepat sasaran untuk memperbaiki kondisi yang buruk menjadi baik dan yang sudah baik menjadi lebih baik lagi.

Data dan informasi yang telah dikumpulkan dalam kegiatan MDGs seperti pengumpulan data sektoral, survei dan sensus SPIBM (Sistem Informasi Pembangunan Berbasis Masyarakat) bermanfaat bagi penyusunan perencanaan pembangunan daerah di masing-masing sektor. Disamping dapat pula digunakan untuk membanguni database dalam penyusunan RPJMD kabupaten/ kota dan penyusunan renstra di masing-masing SKPD terkait.
   
Buku ini mengurai tentang pentingnya data MDGs bagi pemerintah daerah, upaya yang harus dilakukan untuk membangun data berkualitas daerah, model sistem pendataan MDGs (pendataan sektoral, survei MDGs kecamatan, sensus model SIPBM), aplikasi Sistem Database Desa (SDD), serta monitoring pencapaian MDGs.



Post Date : 14 Desember 2009