Pembangunan Jaringan PDAM Dipertanyakan

Sumber:Pontianak Post - 07 Februari 2006
Kategori:Air Minum
Sekadau,- Pemasangan jaringan baru yang menuju ke daerah pemukiman baru di pal 9 arah jalan Sintang oleh Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Sanggau/Sekadau mulai dipertanyakan. Pasalnya, semula dimaksudkan untuk memberikan ketersediaan air baku melalui distribusi yang lancar ke daerah ini. Namun, proyek yang kini mulai berjalan tersebut mulai disangsikan lantaran pelayanan PDAM yang belum maksimal.

Losianus, S.Pd salah seorang masyarakat pelanggan PDAM Sekadau mengatakan, kebijakan untuk membangun jaringan baru ke daerah pemukiman baru di pal 9 merupakan tindakan yang perlu ditinjau ulang oleh perusahaan daerah ini.

Sebab pembangunan jaringan ke daerah pemukiman baru tersebut hanya lipservice saja dari PDAM. Menurut Losianus, PDAM harus mengupayakan pelayanan yang maksimal kepada pelanggannya terlebih dahulu. Sebab, selama ini pelayanan yang diberikan perusahaan daerah kepada ribuan pelanggannya sama sekali belum memenuhi standar atau sangat lemah. Dimana air leding tidak mengalir dalam waktu yang lama baik dilingkungan masyarakat maupun instansi pemerintah, "Masyarakat sudah lama mengeluhkan pelayanan PDAM ini, sebab dengan tidak mengalirnya leding masyarakat terpaksa memenuhi ketersediaan air dengan cara membeli,"katanya.

Lebih lanjut dikatakan oleh dia, PDAM perlu mengoptimalkan pelayanannya kepada pelanggan yang ada, baru kemudian membangun jaringan baru, "Harusnya PDAM maksimalkan pelayanan kepada pelanggannya yang sudah ada dulu, kemudian baru membangun jaringan baru. Selama ini 'kan air leding jarang sekali mengalir, ini yang perlu di genahkan terlebih dahulu. Jangan mau mengaburkan masalah pelayanan dengan pembangunan jaringan baru, sedangkan jaringan yang sudah ada saja masih belum berfungsi dengan baik," tegas warga jalan Pangsuma Sekadau ini.

Menurut Losinu, lebih baik dana untuk pembangunan jaringan baru tersebut diguinakan untuk memperbaiki jaringan air yang sudah ada, sehingga distribusi air kepada pelanggannya tidak tersendat-sendat lagi. Dan PDAM bisa memenuhi kebutuhan air bagi konsumen, mendatangkan income daerah serta memberikan kesejahteraan bagi pegawainya, "Kalau pelayanan PDAM baik, kita semua merasa diuntungkan, masyarakat pemerintah dan pegawai PDAM sendiri," kata Losianus.(rds)

Post Date : 07 Februari 2006