Pelayanan Air Minum untuk Masyarakat

Sumber:Koran Sindo - 20 April 2010
Kategori:Air Minum

PERUSAHAAN Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Raharja Kabupaten Bandung adalah badan usaha milik daerah (BUMD) yang bertugas memberikan pelayanan air minum untuk masyarakat Kabupaten Bandung.

Secara administratif, wilayah pelayanan PDAM Tirta Raharja Kabupaten Bandung meliputi tiga daerah otonom yaitu Kabupaten Bandung yang berpenduduk 3,1 juta jiwa, Kota Cimahi yang berpenduduk 579.000 jiwa, dan Kabupaten Bandung Barat yang berpenduduk 1,5 juta jiwa.Jumlah total penduduk di ketiga daerah ini sekitar 5,2 juta jiwa. Sedangkan jumlah penduduk terlayani hingga Maret 2010 mencapai 476.102 jiwa atau setara dengan 53.888 sambungan rumah.

Karenanya, maka masih banyak potensi demand yang belum dapat terlayani. VISI kami adalah menjadi sebuah perusahaan yang profesional dan handal,yang mampun memberikan pelayanan prima kepada masyarakat Kabupaten Bandung, Kota Cimahi, dan Kabupaten Bandung Barat, khususnya kepada para pelanggan. MISI kami adalah memberikan pelayanan air minum secara baik dengan mengacu pada kontinuitas dan kualitas yang memadai dengan harga yang terjangkau sehingga dapat meningkatkan kesehatan masyarakat.

Peraturan Pemerintah No 16/2005 mengamanatkan air bersih PDAM menjadi air siap minum mulai 2008. Untuk itu, berbagai upaya telah kami laksanakan di antaranya membangun instalasi pengolah air (IPA) Sukamaju yang berkapasitas 200 liter/detik dengan dana penyertaan modal Pemkab Bandung tahun 2007 sebesar Rp20 miliar ditambah dana insentif tahun 2009 dari APBN,Rp14 miliar untuk jaringan pipa distribusi, dan dana PDAM untuk kegiatan penunjang sebesar Rp6 miliar.

Alhamdulillah, hingga April 2010, pembangunan tersebut telah rampung dan telah menyerap kurang lebih 1.000 sambungan baru dari yang ditargetkan sebanyak 7.000 sambungan langganan secara bertahap. Prestasi yang telah diraih PDAM Tirta Raharja adalah mendapatkan Persatuan Air Minum Seluruh Indonesia Awards pada Desember 2009 dalam mengembangkan sistem penyediaan air minum (SPAM).

PDAM Tirta Raharja juga tercatat sebagai salah satu PDAM di Indonesia yang berkategori sehat. Di mata nasional,PDAM Tirta Raharja mempunyai kredibilitas yang baik. Hal ini terbukti dengan diikutsertakannya kami dalam program shadow rating-Kementerian PU (untuk memperoleh dana investasi melalui obligasi). PEFINDO (lembaga Perating resmi nasional) menilai PDAM Tirta Raharja mempunyai rating BBB atau layak masuk ke dalam pasar modal.

Terkait dengan dana investasi, PDAM Tirta Raharja pun diikutsertakan dalam program pinjaman dengan jaminan pemerintah (1 dari 11 PDAM) yang diprakarsai Kementerian Keuangan. Semua keberhasilan itu menjadikan kami bangga dan berbesar hati untuk senantiasa mengemban amanah pelayanan air minum untuk masyarakat.



Post Date : 20 April 2010