Pedoman Pendidikan Kesehatan Lingkungan Dengan Metoda Partisipatori Bagi Guru Sekolah Dasar Kelas 4,5 dan 6

Pengarang:Indonesia. Direktorat Penyehatan Air dan Sanitasi. Ditjen PPM & PL Depkes.
Penerbit:Jakarta, Direktorat Penyehatan Air dan Sanitasi Ditjen PPM & PL Depkes. 2003, 132 hal.
Tahun Terbit:2003
No. Klasifikasi:628 DIR p
Kata Kunci:Kesehatan Lingkungan
Lokasi:Perpustakaan AMPL
Kategori:Petunjuk
Kesehatan masyarakat dipengaruhi oleh faktor lingkungan, perilaku manusia, pelayanan kesehatan, dan keturunan, yang saling terkait. Lingkungan dan perilaku mempunyai pengaruh yang paling besar terhadap kesehatan masyarakat lingkuingan dan perilaku yang buruk dapat menimbulkan terjadinya penyakit.Masyarakt sekolah (guru, siswa, orang tua siswa, dan pegawai sekolah) dapat berperan untuk memperbaiki lingkungan dan perilaku masyarakat dengan menggunakan metode partisipasi. Metoda partisipatori sudah banyak dipergunakan dalam pemberdayaan masyarakat kaerna hasil sangat baik dan prosesnya menyenangkan. Metoda ini coco untuk diterapkan di Sekolah Dasar karena metode ini identik dengan metode cara belajar siswa aktif (CBSA) yang sekarang dikenal dengan kurikulum berbasisi kompetensi (KBK).Metode partisipatori mendorong meningktkan peran serta individu di dalam proses kelompok. Metode partisipatori meningkatkan rasa percaya diri dan rasa tanggungjawab. Metode ini membuata proses pengambil keputusan menjadi mudah dan menyengkan. Peserta belajar dari yang lain dan menghargao pengetahuan dan ketrampilan orang lian.

Post Date : 22 September 2006