PDAM Terapkan Sistem On Line

Sumber:Suara Merdeka 02 April 2005
Kategori:Air Minum
SEMARANG - Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Semarang mulai Jumat (1/4) menerapkan sistem on line. Dengan sistem itu, pelanggan memiliki beberapa alternatif tempat pembayaran rekening.

Penjelasan tersebut disampaikan Dirut PDAM Agus Sutyoso, kemarin, di ruang kerjanya. Dia mengatakan, biasanya pelanggan hanya bisa membayar di satu tempat pembayaran yang telah ditentukan. Misalnya, pelanggan di Kelurahan Sendangmulyo hanya bisa membayar di Kantor Inkaso Jl Kedungmundu.

''Sekarang mereka bisa membayar di payment point lain,'' kata dia.

Keuntungan lain penggunaan sistem itu menurut dia, risiko kehilangan data menjadi lebih kecil. Selain itu, pengiriman data ke kantor pusat PDAM Kota Semarang di Jl Kelud Raya menjadi lebih cepat.

Dia menjelaskan, tempat-tempat yang dilengkapi dengan sistem on line tersebut adalah PDAM Jl Kelud Raya, Kantor Cabang Semarang Barat Jl WR Supratman, tempat pembayaran di kantor Kecamatan Ngaliyan, dan Cabang Pembantu Bank Buana Indonesia (BBI) Siliwangi Jl Jendral Sudirman.

Untuk wilayah Semarang Selatan, perlengkapan serupa dipasang di PDAM Jl Teuku Umar No 56, Jl Meranti Raya No 362, Kantor Kelurahan Banyumanik, BPD Politeknik Negeri Semarang, dan di Bukit Kencana Jaya.

Kemudian di tempat pembayaran rekening PDAM di Jl Dr Cipto No 103, Jl Blimbing Raya, Kantor Kecamatan Semarang Utara, BPD Johar, Bank Bukopin Jl Pandanaran No 125, BBI Cabang Semarang Jl Gang Tengah No 16. Selain itu, tempat pembayaran di Jl Parangkesit Perumnas Tlogosari, Jl Raya Kedungmundu, dan BBI Capem Majapahit Jl Brigjen Sudiarto juga dilengkapi peralatan tersebut.

Agus mengatakan, sistem on line tersebut didukung oleh beberapa server dengan processor intel xeon. Komunikasi data dari kantor pusat dengan tempat-tempat pembayaran sebagian menggunakan gelombang elektromagnetik frekuensi tinggi di atas 3 dan 10 ghz. Untuk kantor-kantor pembayaran tertentu yang tidak memungkinkan digunakan gelombang frekuensi tinggi, dipakailah saluran telepon.

''Dengan teknologi itu kami berusaha memberikan peningkatan pelayanan kepada pelanggan,'' kata dia. (G6-73n)



Post Date : 02 April 2005