PDAM Targetkan Suplai Air Lancar

Sumber:Serambi Pos - 05 Maret 2008
Kategori:Air Minum

BANDA ACEH - Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Daroy, Banda Aceh, menargetkan suplai air bersih ke beberapa kawasan yang selama ini kurang baik, akan lancar dan lebih baik dalam beberapa bulan ke depan.

Kami rasa tahun ini moment yang tepat untuk menstabilkan apa yang menjadi prioritas. Dengan adanya bantuan BRR sebesar Rp 13 miliar dan dana otonomi khusus hasil migas, warga Kota Banda Aceh akan mendapatkan fasilitas air bersih, kata Dirut PDAM Tirta Daroy Banda Aceh, Samsul Bahri yang dihubungi Serambi Selasa (4/3) sore.

Disebutkan, dana tersebut sebelumnya diperuntukkan bagi pemasangan pipa primer. Namun, dana itu kemudian diprioritaskan untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat banyak.

Diakuinya, masih banyak keluhan para pelanggan PDMA terkait tidak adanya suplai air bersih ke beberapa kawasan. Hal itu, menurutnya, disebabkan belum meratanya pemasangan jaringan PDAM. Begitu juga halnya dengan rumah-rumah warga yang telah terpasang meterannya, tapi belum juga mendapat suplai air.

Di sepanjang jalan-jalan utama seperti Jalan Tgk Chik Dipineueng sudah terpasang dan mulai airnya mulai lancar masuk ke rumah-rumah. Tapi, pipa di lorong-lorong belum kita pasang pipa. Jadi belum dapat air sepenuhnya, kata Samsul.

Pihaknya, imbuh Samsul, saat ini sedang melakukan penyempurnaan jaringan pipa. Sebagaimana diketahui, katanya lagi, dengan jaringan pipa bantuan Jepang hanya mencukupi 1/3 dari kebutuhan air bersih di Kota Banda Aceh. Sedangkan 2/3 lagi masih membutuhkan bantuan dari pihak lain.

Dia juga mengungkapkan, setiap bulan PDAM Tirta Daroy mengalami devisit, sehingga perlu dilakukan penyesuaian tarif yang direncanakan pada April mendatang. Tarif PDAM Tirta Daroy, Banda Aceh, terendah di seluruh Aceh, tandas Samsul Bahri.
(mir)



Post Date : 05 Maret 2008