PDAM Tambah Instalasi

Sumber:Koran Sindo - 24 Januari 2008
Kategori:Air Minum
MUARAENIM(SINDO) Wakil Ketua DPRD Kab Muaraenim Muzakkir SS mengatakan, Perusahaan Daerah Air Minum Lematang Enim harus meningkatkan pelayanan kepada masyarakat pasca-menerima pinjaman (loan) sebesar Rp80 miliar dari Bank Dunia.

Dia menambahkan, untuk meningkatkan kinerja PDAM, harus dilakukan transparansi dan responsibilitas kepada pelanggan.Transparansi dan responsibilitas sangat erat untuk menuju profesionalitas. Pengelolaan keuangan jika tidak ditopang dengan kemampuan yang baik, maka jangan harap bisa menghasilkan transparansi. Makanya, pengelolaan harus berpihak padaprinsip-prinsipkejujuran dan keterbukaan,tegasnya.

Sementara itu, anggota DPRD Kab Muaraenim Aman Rohman mengatakan,PDAM harus bisa menumbuhkan jiwa entrepreneur secara bertahap. Dengan demikian,ke depannya, PDAM tidak bergantung sepenuhnya kepada Pemkab Muaraenim.

Kita tahu PDAM sepenuhnya masih menjadi tanggung jawab pemkab.Tetapi, bukan tidak mungkin nantinya ada investor luar yang mau bekerja sama dengan PDAM, sehingga bisa berdiri sendiri tanpa bantuan pemerintah,jelasnya.

Terpisah, Direktur Utama PDAM Lematang Enim Mirza Jaya mengatakan, pinjaman dana sebesar Rp80 miliar dari Bank Dunia akan digunakan untuk peningkatan pengadaan sambungan baru, pembenahan sistem distribusi air, pembenahan sistem pipa induk air,serta penambahan daya penampungan air.

Saat ini jumlah instalasi di Muaraenim dan Tanjung Enim sebanyak 80. Jika dana tersebut sudah cair, rencananya kita akan menambah sebanyak 50 instalasi lagi di Muaraenim dan 100 instalasi di Tanjung Enim,ungkapnya. (CR-02)



Post Date : 24 Januari 2008