PDAM Tambah Instalasi Air

Sumber:Koran Sindo - 19 Mei 2008
Kategori:Air Minum

SEKAYU (SINDO) – Menjelang kemarau, PDAM Tirta Randik Muba menambah instalasi dan jaringan di enam kecamatan. ”Penambahan jaringan dilakukan di Kecamatan Keluang, Lais, Lalan, Babatoman, Dungai Keruh, dan Sungai Lilin,” kata Direktur PDAM Tirta Randik Muba HM Anhar Zulkifli melalui Kepala Bagian (Kabag) Umum Makmur di Sekayu. Makmur menambahkan, penambahan instalasi PDAM tersebut untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

Selain penambahan jaringan,juga telah dibangun satu unit instalasi pengolahan air berkapasitas 5 liter per detik di Desa Mangun Jaya. Proses tender pembangunan instalasi tersebut telah dijalankan sejak Mei 2008. ”Kita perkirakan pada Juni 2008 sudah dapat action di lapangan,” tandasnya.

Pada evaluasi kerja 2007, kata dia,terdapat kelemahan yakni keterbatasan pipa jaringan PDAM untuk melayani masyarakat dalam skala besar. Oleh sebab itu, pada 2008 ini PDAM akan meningkatkan pelayanan. ”Kita ini, kan, perusahaan publik yang melayani masyarakat,otomatis didapatkan kelemahan dan kekurangan,namun kini telah berhasil melayani lebih dari 70% aliran air bersih untuk kepentingan masyarakat Muba,”cetusnya.

Menurutnya,PDAM telah berusaha mengantisipasi musim kemarau dengan menambah instalasi dan jaringan baru. Sehingga bila kemarau terjadi pada Juni nanti, masyarakat tidak mengalami kesulitan mendapatkan air bersih.”Kemarau diprediksi bakal melanda Sumatera.Kemungkinan terjadi kekeringan sangat besar.

Hal itu bisa menghambat kelancaran pelayanan air bersih,”katanya. Dia mencatat, sepanjang Mei 2008,hujan belum pernah melandaarealKabupatenMuba, sehingga sangat sensitif untuk beberapa daerah yang jauh dari permukaan Sungai Musi.Daerah rawan kekeringan tersebut antara lain di sepanjang Kecamatan Keluang dan Kecamatan Sungai Keruh.

”PDAM membutuhkan air baku yang berasal dari daerah-daerah yang kaya sumber air di luar dua kecamatan tersebut,”tukasnya. Kabag Hubungan Langganan Irsan Henry mengatakan, sebanyak 23 daerah pelayanan PDAM yang tersebar di Muba telah menghimpun jumlah pelanggan 12.541 orang. (retno palupi)



Post Date : 19 Mei 2008