PDAM Tambah Debit 20 Liter/Detik

Sumber:Suara Merdeka - 28 September 2005
Kategori:Air Minum
BREBES - Seiring dengan tuntutan pelanggan, Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Brebes saat ini mengupayakan penambahan debit air sebanyak 20 liter/detik.

Upaya tersebut dilakukan dengan membuat sumur dalam di Desa Jatibarang Kidul, Kecamatan Jatibarang, dan di Desa Jagalempeni, Kecamatan Wanasari.

Ymt Direktur PDAM, Ir Djoko Gunawan MT melalui Kepala Bagian Teknik, Sritono kemarin mengatakan, penambahan debit di dua tempat itu diharapkan akan mencukupi kebutuhan air pelanggan di wilayah Kecamatan Wanasari dan Jatibarang.

Menurut dia, pembangunan sumur dalam di Desa Jatibarang Kidul mendapat dukungan dana APBN. Pembangunan itu dengan asumsi menambah 10 liter per detik untuk wilayah perkotaan Jatibarang, yang selama ini menggantungkan sumber air Kaligiri, Sirampog.

''Dengan adanya tambahan 10 liter per detik untuk Kota Jatibarang, diharapkan tidak mengganggu jatah air pelanggan di Brebes Kota,'' tambahnya.

Di wilayah Kota Jatibarang dan sekitarnya, terdapat 1.840 pelanggan. Selama ini mereka menggantungkan aliran air dari Kaligiri.

Dana Ingub

Sementara itu, pembangunan instalasi air di Desa Jagalempeni menggunakan dana instruksi gubernur (ingub) 2005. Pembangunan fisik sarana tersebut sudah dimulai, dan diharapkan akhir tahun ini sudah bisa dioperasikan.

''Sumur dalam di Desa Jagalempeni, nantinya akan menambah debit untuk konsumen di wilayah Kecamatan Wanasari,'' tukasnya.

Sebelum ada sumur dalam itu, konsumen di Wanasari memperoleh pasokan dari sumur dalam di Desa Wanacala (Songgom) dan Rengaspendawa (Larangan), masing-masing sebesar 10 liter per detik.

Dengan tambahan 10 liter per detik dari Jagalempenih, berarti 400 konsumen di Kecamatan Wanasari akan mendapatkan air berlimpah. Sedianya, sisa debit itu akan dipergunakan untuk konsumen baru.

Disebutkan, pembangunan dua unit sumur dalam itu sangat berpengaruh terhadap kecukupan pelanggan di wilayah perkotaan. Sebab, 5.600 konsumen saat ini masih menggantungkan suplai air dari Kaligiri dan Instalasi Pengolahan Air (IPA) Kedungtukang.

''Jika wilayah Jatibarang sudah disuplai dari sumur dalam, sisanya bisa dikonsumsi ke Kota Brebes,'' paparnya.(wh-52a)

Post Date : 28 September 2005