PDAM Sragen Tambah Debit Air

Sumber:Kedaulatan Rakyat - 13 September 2005
Kategori:Air Minum
SRAGEN (KR) - Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Sragen memasuki musim kemarau ini menambah pasokan debit air dari intake sumber untuk pipa distribusi. Menurut Direktur Utama PDAM Sragen, Joko Suprapto SE MM, pasokan air dari intake tersebut ditambah dari 3 liter per detik menjadi 7 liter/detik. Dalam pelaksanaan di lapangan PDAM Sragen bekerja sama dengan PDAM Karanganyar selaku pemilik sumber air.

Dalam bahasa sederhananya kami nyempil pasokan air. Ini dilakukan sebagai antisipasi bertambahnya penggunaan air di musim kemarau, maka diputuskan untuk menambah pasokan, kata Joko di kantornya, kemarin.

Selain menambah pasokan air dari saluran intake, lanjut Joko, PDAM juga terus melakukan kontrol di semua sumber mata air. Secara kontinyu petugas piket akan mengecek kondisi debit air serta pasokan air di 19 sumur sumber air di Sragen. Termasuk pengecekan kondisi reservoir-reservoir dan sarana penunjang lain. Tiap sumur sumber air PDAM di Sragen, rata-rata menghasilkan debit air 15 liter/detik. Debit terbesar dimiliki sumber air di Ngablak sebanyak 40 liter/detik.

Disinggung soal ketersediaan air di musim kemarau, Joko mengungkapkan hingga sekarang belum ada laporan menurunnya debit air. Selain itu pasokan air bagi pelanggan di Sragen masih bisa terpenuhi.

Namun demikian pihaknya selalu waspada dan merespons segala keluhan dari masyarakat. Untuk itu PDAM membuka nomor hotline 891590 dan 890423 dan layanan short message services (SMS) di (0271) 7075985. Upaya lain adalah mengintensifkan sabuk hijau di sekitar sumber-sumber air. Dalam hal ini PDAM menjalin kerja sama dengan Dinas Kehutanan dan Perkebunan untuk pengadaan bibit. Diharapkan hingga tahun 2005 setidaknya satu hingga dua kilometer di sekeliling sumber air sudah menjadi kawasan sabuk hijau.

Ke depan dengan semakin solidnya sabuk hijau maka diharapkan sumber air tetap terjaga meski di musim kemarau, tambah Joko. PDAM memiliki target hingga akhir tahun 2005 semua pelanggan di Sragen kota bisa menerima pasokan air 24 jam. Untuk itu pihaknya sedang membangun dua reservoir baru di wilayah Sragen Kota, masing-masing di daerah Puro dan satu lagi dipasang di lingkungan kantor PDAM dengan kapasitas masing-masing 300 meter kubik. (*-2)-k

Post Date : 13 September 2005