PDAM Siap Salurkan Air Bersih

Sumber:Suara Merdeka - 13 September 2007
Kategori:Air Minum
SALATIGA- PDAM Kota Salatiga telah menyiapkan tiga truk tangki air dengan kapasitas masing-masing 4.000 liter untuk membantu kebutuhan air bersih di wilayah Kelurahan Randuacir dan Kumpulrejo, Kecamatan Argomulyo, Salatiga. Hal itu dilakukan, karena wilayah tersebut mengalami krisis air akibat kemarau seperti yang terjadi pada tahun-tahun sebelumnya.

Direktur PDAM Kota Salatiga Darminto SE MM mengatakan, bantuan akan diberikan atas permintaan warga yang disampaikan melalui kecamatan yang diteruskan ke pemkot. ''Kami telah menyiapkan tiga truk tangki air bersih untuk mengatasi krisis air di dua wilayah itu atas permintaan pemkot. Namun, karena droping air bersih ini diserahkah ke PDAM, maka pelaksanaannya juga harus mengikuti aturan PDAM,'' terangnya.

Karena PDAM bukan lembaga publik pemerintah terutama dalam hal manajemen pengelolaannya, maka dalam pengiriman air bersih, tiap truk tangki dikenai biaya Rp 75.000, yang dananya ditanggung oleh pemkot. ''Senin (10/9), Bagian Sosial sedang membahas masalah tersebut dengan PDAM di ruang assisten I,'' kata Darminto.

Sumur Artesis

Dia dijelaskan, untuk memenuhi kebutuhan air bersih, PDAM mengandalkan sumur artesis di belakang kantor yang mempunyai debit air 25 liter/detik.

Dengan kondisi seperti itu, diperkirakan tiap truk tangki bisa menyuplai air ke daerah sekitar tiga hingga empat kali per hari.

Untuk mengatasi krisis air bersih yang selalu berulang tiap tahun, menurut Darminto, seharusnya pemkot turun tangan.

''Sejak pemekaran pada 1990 dan masuk menjadi wilayah Salatiga, daerah tersebut terus mengalami krisis air, sehingga pemerintah harus menyuplai,'' ungkapnya.

Di Kelurahan Randuacir terdapat lima dukuh yang mengalami krisis air, yaitu RW 7 Dukuh Kembang, RW 6 Dukuh Ploso, RW 5 Dukuh Sugihwaras, RW 1 Dukuh Salam, dan RW 2 Dukuh Randuacir. Sedangkan Kelurahan Kumpulrejo meliputi wilayah Ngronggo, Randuares, Ngemplak, dan Belon. (J12-37)



Post Date : 13 September 2007