PDAM Siap Distribusikan Air

Sumber:Koran Sindo - 12 Juni 2008
Kategori:Air Minum

PALEMBANG (SINDO) – Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Musi Palembang merespons pengaduan warga Jalan Lubuk Kawah, Kelurahan Kebun Bunga,Kecamatan Sukarame,yang mulai mengalami kesulitan air bersih dan belum terpasang saluran PDAM.

Kepala Humas PDAM Tirta Musi Palembang Yos Ruswandi Ilyas mengaku, pihaknya baru mengetahui keluhan warga terhadap PDAM dari wartawan. “Kita baru tahu dan kami akan merespons permintaan warga tersebut,” ujarnya kepada SINDO di ruang kerjanya kemarin. Yos Ruswandi menjelaskan, pipa PDAM di daerah tersebut memang belum ada sehingga pendistribusian air belum sampai ke daerah tersebut.

“ Kita terima pengaduan warga itu,tetapi penyebab kekeringan bukan karena PDAM.Kami mengharapkan Ketua RT setempat segera mendata warga yang meminta pemasangan baru agar segera ditindak lanjuti,” ucapnya. Dia menjelaskan, untuk proses pemasangan baru saluran air tidak memakan waktu lama. Untuk itu, perlu peran aktif Ketua RT dalam mendata warga dan mengajukan permohonan ke PDAM Km 4.

“PDAM sekarang memfokuskan pengembangan pemasangan saluran air hingga ke daerah pelosok.Itu dilakukan agar semua warga bisa dilayani, tetapi tetap harus mengajukan usulan terlebih dahulu,”tuturnya. Kepala Bagian (Kabag) Umum dan Perlengkapan PDAM Asmawati menjelaskan, biaya pemasangan baru sebesar Rp500.000,sedangkan untuk administrasi lainnya sebesar Rp1,1 juta.

Jika 80% warga yang mengajukan permohonan pemasangan baru telah membayar Rp500.000, PDAM segera memasang saluran air.Ketetapan itu sudah sesuai ketentuan umum pemasangan baru saluran PDAM. Seperti diberitakan, sebanyak 43 kepala keluarga RT 40, 41, dan 51, Jalan Lubuk Kawah,Kelurahan Kebun Bunga, Kecamatan Sukarame, mengalami kekeringan air. Warga menggantungkan pasokan air bersih dengan membeli tangki air dan mengambil dari saluran sawah. (ashariansyah) 



Post Date : 12 Juni 2008