PDAM Rencanakan Bangun Bendungan Sejuta Meter Kubik

Sumber:Media Tanah Air - 29 Oktober 2008
Kategori:Air Minum

Mengatisipasi kekurangan air bersih saat musim kemarau dan perkembangan penduduk di Kotabaru, Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kotabaru berencana membangun bendungan kapasitas satu juta meter kubik.

"Bendungan tersebut akan dibangun di daerah Pegunungan Tirawan, di Pulau Laut Utara, tidak jauh dari pusat perkotaan dan permukiman padat penduduk," kata Direktur PDAM Kotabaru, Zulkifli AR, Rabu (29/10).

Mengawali rencana tersebut, pemerintah daerah telah melakukan Survei Identifikasi Desain (SID), di lokasi rencana pembangunan bendungan. Untuk mewujudkan rencana tersebut, lanjut zulkifli, pihaknya telah melakukan koordinasi dengan pemerintah pusat dan pemerintah merespon rencana tersebut.

"Mereka meminta Detail Ingenering Desai(DID) dan sampai sekarang kami masih menunggu DID, yang dibuat oleh konsultan bersama pemerintah daerah," ujarnya.

Zulkifli menambahkan, jika pemerintah daerah segera menyelesaikan DID yang diminta pemerintah pusat, ia berjanji akan mampu mendapatkan 50 persen dari total dana untuk pembangunan bendungan sejuta meter kubik.

Bahkan rencana pembangunan bendungan satu juta meter kubik tersebut juga telah mendapat dukungan dari DPR-RI dari Komisis V saat berkunjung ke Bendungan Gunung Ulin beberapa waktu lalu.

"Kami mendukung dan akan memperjuangkan keinginan masyarakat Kotabaru untuk menghilangkan krisis air bersih," kata Drs Mukowam, Ketua Komisi V.

Dalam kesempatan tersebut Komisi V berjanji akan meperjuangkan alokasi dana pembangunan bendungan raksasa itu melalui dana APBN, agar permasalahan kekurangan air bersih masyarakat Kotabaru yang terjadi setiap tahun dan menjadi musibah kekeringan abadi itu akan terselesaikan.

Aji Masaid dan sejumlah anggota DPR-RI yang turut dalam rombongan tersebut juga meminta pemerintah daerah agar menyiapkan lahan yang akan digunakan dilingkungan bendungan agar tetap hijau bebas dari penjarahan.

"Saya lihat disekeliling bendungan ini kelihantannya menjadi lahan masyarakat. Saya minta pada kunjungan tahun depan itu mulai ditumbuhi tanaman keras (bukan tanaman musiman)," pinta artis tersebut. (Ant/OL-01)



Post Date : 29 Oktober 2008