PDAM Perlu Air dari Magelang

Sumber:Kompas - 08 Desember 2006
Kategori:Air Minum
Yogyakarta, Kompas - Perusahaan Daerah Air Minum atau PDAM Tirta Marta kesulitan air untuk para pelanggannya di Kota Yogyakarta setiap musim kemarau. Padahal, jumlah pelanggan semakin bertambah. Untuk itu, rencana menambah suplai air dari Magelang diharapkan bisa terealisasi tahun 2007.

Direktur Utama PDAM Tirta Marta Dachron Saleh, Kamis (7/12) mengatakan, rencana penambahan suplai air itu berbarengan dengan keinginan Pemerintah Kabupaten Sleman dan Bantul. Namun, kekurangan air di Kota Yogyakarta diakui lebih mendesak untuk segera dipenuhi.

Sumber pengambilan air PDAM Tirta Marta saat ini adalah 32 sumur dalam di Sleman, empat sumur dalam di Kota Yogyakarta, dan Umbul Wadon di Sleman. Dari sumber-sumber itu, pada musim hujan bisa didapat debit air sekitar 570 liter per detik. Namun pada musim kemarau, debit air yang didapat hanya 400 liter per detik.

"Sekitar 34.500 pelanggan kami di kota kesulitan air ketika kemarau. Oleh sebab itu, kami berencana menambah air dari Magelang sekitar 400 liter per detik dan diharapkan tahun depan sudah bisa jalan. Namun kami harus pastikan bahwa harga air terjangkau," ujar Dachron.

Sehubungan Umbul Wadon yang terkena lahar dingin Merapi beberapa waktu lalu, Dachron mengatakan, hal itu bisa menyebabkan warna air menjadi kecoklatan atau kehitaman. Jika air masih jernih, maka layak konsumsi. Namun jika sudah berwarna coklat atau hitam pekat, disarankan agar jangan dikonsumsi. Air kecoklatan

Tikah (30), warga Warungboto, Umbulharjo, Yogyakarta mengatakan, selama kemarau aliran air tidak sebanyak pada waktu musim hujan. Tiga hari pada pekan lalu, air PDAM bahkan sempat mati. Rabu kemarin, air juga sempat berwarna coklat pekat, meskipun tidak lebih dari enam jam.

"Di tangan terasa seperti ada lumpur lembut. Saya pakai air ini untuk menyiram tanaman," kata Tikah yang menggunakan air sumur untuk minum dan memasak.

Dachron menambahkan, guna mendukung suplai air, pihaknya juga berencana membuat lagi dua sumur dalam di wilayah Bener, Tegalrejo, pada tahun 2007. Untuk layanan kepada masyarakat, PDAM juga menyediakan dua truk tangki air yang bisa diperbantukan ke warga secara gratis asalkan dipesan secara kelompok. (PRA)



Post Date : 08 Desember 2006