PDAM Pemkab Cianjur Membangun Enam Sumur Bor

Sumber:Harian Umum Pelita - 31 Okober 2008
Kategori:Air Minum

Cianjur, Pelita
Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Pemkab Cianjur, Jabar, seiring dengan semakin meningkatnya kebutuhan air bersih dan memenuhi pelayanan air bersih secara optimal kepada pelanggan terus berupaya melakukan peningkatan pelayanan.
Direktur PDAM Pemkab Cianjur, Yudi Junadi, SH, melalui Kepala Bagian Umum, H Budi Karyawan, SH, menjelaskan kepada Pelita, Rabu (29/10), salah satu upaya yang dilakukan untuk meningkatkan pelayanan, yaitu membangun enam sumur bor yang sumber dananya dari APBD Cianjur TA 2008 melalui Dinas PSDAP (Pengelola Sumber Daya Air dan Pertambangan), dan PDAM sebagai pihak yang memanfaatkannya.
Keenam proyek sumur bor masing-masing berlokasi di Munjul Panembong, Belendung, Bumi Mas, Pesona, dan Babakan Jati Dengan dibangunnya keenam sumur bor, selain dapat memenuhi kebutuhan air selama 24 jam, juga diharapkan dapat melayani kebutuhan pelanggan baru dengan asumsi 7.500 pelanggan baru, ujarnya.
Sekarang ini, untuk memenuhi kebutuhan air bersih bagi pelanggan di wilayah kota dengan sebanyak 14.000 pelanggan dilayani air bersih yang bersumber dari sumber air Cirumput dengan debit air 100 liter per detik, Cilembang dengan debit air 100 liter per detik, Cisalada dengan debit air 20 literper detik, dan sumur bor Gombong 20 liter per detik.
Selain itu, PDAM Pemkab Cianjur akan memperoleh bantuan pendanaan dari APBN, karena PDAM Pemkab Cianjur, PDAM Kodya Bogor dan PDAM Kabupaten Bandung memperoleh reward lunas hutang dengan nilai bantuan Rp2 miliar, diantaranya akan digunakan untuk pembangunan sumber air Gasol, Cugenang.

Tak perlu khawatir
Berkaitan dengan adanya kekhawatiran masyarakat dengan dibangunnya sumur bor berdampak terhadap sumur warga sehingga airnya berkurang, dikatakan oleh Budi Karyawan, warga masyarakat tidak perlu khawatir, karena air yang dimanfaatkan oleh PDAM, bukan air permukaan, tetapi air dalam yang berada pada ke dalaman 70 meter ke bawah.
Jadi sebetulnya masyarakat tidak perlu khawatir, karena berdasarkan hasil penelitian geolistrik, air permukaan tidak akan terganggu, dan jika memang sumur bor tersebut berdampak meng-ganggu lingkungan, sumur bos tersebut dapat dihentikan dan surat izin pengeborannya bisa dicabut, ujarnya.
Dikemukakan, sekarang ini daftar tunggu pelanggan baru air bersih PDAM Kabupaten Cianjur sebanyak 7.000 daftar tunggu, sesuai dengan target setiap tahun dapat terlayani sebanyak 1.000 sambungan pelanggan baru Adanya pembangunan enam sumur bor baru, diharapkan secara bertahap pemasangan sambungan pelanggan baru dapat terlayani, imbuhnya. (man)



Post Date : 31 Oktober 2008