PDAM Pasok Air Bersih ke Ribuan Gakin

Sumber:Koran Sindo - 12 Oktober 2010
Kategori:Air Minum

PALEMBANG (SINDO) – Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Musi Unit Seberang Ulu (SU) berencana mengalirkan air bersih ke warga miskin atau masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) di Kota Palembang.

Ditargetkan, 1.000 warga miskin sudah dapat menikmati layanan air bersih tahun ini. Kepala Unit Pelayanan Seberang Ulu (SU) Edy Hermanto mengatakan, program tersebut merupakan bagian dari komitmen dan kepedulian PDAM terhadap masyarakat miskin di SU untuk memberikan layanan kebutuhan air bersih.“Target kita, 1000 pelanggan baru masuk, terutama dari daerah pengembangan jaringan PDAM Kertapati dan Plaju,” kata Edy kepada SINDO di ruang kerjanya kemarin. Menurut Eddy, saat ini sebagian besar program tersebut sudah berjalan. Namun, ada juga yang masih terkendala berbagai alasan, terutama alasan biaya, seperti tidak mampu membayar biaya pemasangan dan tagihan bulanan.

“Padahal,untuk MBR pemerintah telah melakukan subsidi untuk pemasangan pelanggan baru sampai Rp300.000, sedangkan untuk tagihan tidaklah terlalu tinggi. Sebab, pemakaian rata-rata untuk MBR hanya 20 m3 per bulan atau tagihan sekitar Rp45.750. Itu sudah cukup murah daripada membeli air di luar,”paparnya. Dia menambahkan, untuk memperluas jangkauan pelayanan, ke depannya PDAM akan terus mengembangkan jaringannya ke kawasan yang belum terjangkau air bersih secara keseluruhan. Kawasan dimaksud antara lain kawasan Jakabaring dan sejumlah kelurahan di Kertapati, seperti Kelurahan Keramasan dan Kelurahan Karya Jaya. “Selain itu, pada awal 2011, PDAM akan meningkatkan jumlah produksi air dari 600 liter/detik menjadi 900 liter/detik yang bersumber dari Sungai Ogan,”ujarnya.

Camat Kertapati A Zaini melalui Sekretaris Camat (Sekcam) Romli Hofiah menyambut gembira keinginan PDAM untuk memperluas layanannya kepada masyarakat Kertapati. “Warga Kertapati memang sebagian besar perekonomiannya menengah ke bawah dan program MBR tersebut memang dinantikan,” katanya kemarin Menurut Romli,sebagian besar wilayah Kertapati terdiri atas daerah rawa aliran Sungai Keramasan dan Ogan. Dengan luasnya jangkauan layanan PDAM,akan menjadikan pola hidup masyarakat menjadi lebih sehat, khususnya untuk mengonsumsi air bersih. (muhlis)



Post Date : 12 Oktober 2010