PDAM Kembangkan Instalasi Air Siap Minum

Sumber:Kompas - 02 Agustus 2008
Kategori:Air Minum

YOGYAKARTA, KOMPAS - Perusahaan Air Minum Daerah Tirta Marta berencana mengembangkan instalasi air siap minum di sejumlah titik di Jalan Mangkubumi, Malioboro, dan Ahmad Yani, bahkan sampai Keraton Yogyakarta. Rencana tersebut diharapkan bisa terwujud tahun 2009.

Direktur Utama PDAM Tirta Marta Yogyakarta Dachron Saleh mengemukakan, titik air siap minum berada di daerah yang mengarah pada hotel, mal besar, dan pusat budaya keraton serta Istana Negara. Dari hotel dan mal diharapkan ada subsidi silang pembiayaan bagi titik-titik lain.

"Kami baru mencoba di beberapa titik di kantor PDAM," kata Dachron, Jumat (1/8), di sela-sela Hari Bakti Ke-39 PDAM Tirta Marta.

Menurut Dachron, biaya pembuatan instalasi air siap minum cukup mahal. Ia mencontohkan biaya pemasangan instalasi di kantor PDAM sekitar Rp 150 juta, demikian pula instalasi yang ada di Taman Pintar, seharga Rp 300 juta. Debit air

Berkaitan dengan menurunnya debit air selama kemarau, Dachron mengatakan masih dalam kondisi wajar. Namun, PDAM telah menyiapkan segala sesuatunya untuk menghadapi puncak kemarau, September mendatang.

"Pada puncak kemarau yang berkurang adalah sumur dangkal, mata air, dan sungai yang merupakan 30 persen dari keseluruhan sumber PDAM. Selama ini, sumber terbesar, yakni 70 persen, berasal dari 34 unit sumur dalam di luar Kota Yogyakarta, dengan debit total 600 liter per detik. Jumlah tersebut diperuntukkan bagi 34.500 pelanggan, termasuk sebagian di Kabupaten Sleman dan Bantul," tutur Dachron.

Mengenai antisipasi kemarau yang lain, menurut Dachron, pihaknya telah menyiapkan dua mobil tangki yang bisa digunakan secara kelompok. Masyarakat bisa menggunakannya secara gratis. "Kami berani mengklaim air mengalir 24 jam, meski ada satu dua pelanggan yang tidak lancar akibat listrik padam," ujarnya.

Wali Kota Yogyakarta Herry Zudianto dalam sambutan yang dibacakan Wakil Wali Kota Haryadi Suyuti memberi apresiasi terhadap PDAM. PDAM dianggap melayani masyarakat secara baik, di tengah terbatasnya sumber air di Kota Yogyakarta. (WER)



Post Date : 02 Agustus 2008