PDAM Hentikan Pasokan Air Bersih

Sumber:Koran Sindo - 10 Januari 2011
Kategori:Air Minum

MAKASSAR (SINDO) – Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) akan menghentikan pasokan air bersih untuk kawasan selatan dan barat Kota Makassar terhitung mulai Selasa (11/1) besok.

Pelayanan air bersih akan kembali normal pada Kamis (14/1) mendatang. Penghentian penyaluran air bersih ini terpaksa dilakukan PDAM seiring dengan makin tinggi endapan lumpur pada Instalasi Penjernihan Air (IPA) Somba Opu. Pengurasan flokulator dan bak sedimentasi dijadwalkan berlansung selama dua hari.

Berdasarkan surat penyampaiandireksi, PDAMakanmenurunkan tekanan dan pasokan air pada dua kawasan tersebut.Untuk barat kota, masing-masing,Perumahan Hartaco Indah, Jalan Parang Tambung, Tabaria,Kumala, Sultan Alauddin, Veteran Selatan,Cendrawasih, Rajawali, Haji Bau, Sultan Hasanuddin, Monginsidi, Ratulangi, Sudirman, Sungai Saddang, Penghibur, Somba Opu dan sekitarnya.

Sementara di kawasan selatan kota, yakni Perumahan Minasa Upa, BPH, Perumnas Panakkukang, Asindo, sebagian di ADS, Komplek IDI Antang, Perumahan Dosen Unhas Antang, Hertasning, Pettarani, Puri Taman Sari, dan wilayah sekitarnya. Direktur Utama PDAM, Tadjuddin Noor mengatakan, penurunan tekanan tersebut,diakibatkan semakin meningkatnya endapan lumpur pada bak Instalasi Pengolahan Air (IPA) Somba Opu,yang terjadi belakangan ini.

“Untuk tetap menjamin pasokan air bersih yang diolah, maka akan diadakan pengurasan flokulator dan bak sedimentasi secara bertahap, mulai Selasa (besok) hingga Kamis, Pukul 8.00 wita sampai dengan Pukul 18.00 wita,” ujar Tadjuddin kepada SINDO,kemarin. Atas perbaikan itu, pelanggan yang berdomisili di kawasan barat dan selatan,diharapkan agar dapat menyiapkan penampungan untuk persediaan air,selama batas waktu yang sudah ditentukan, dan diumumkan di media-media cetak.

“Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan pelayanan yang diakibatkan oleh gangguan tersebut. Tapi langkah ini harus dilakukan agar penyaluran air bersih tetap maksimal,” harap Tadjuddin, yang juga mantan Asisten I Bidang Pemerintahan Pemkot Makassar. Sesuai data, PDAM Makassar hingga saat ini sudah menjangkau 692.308 jiwa penduduk dari sekitar 1,2 total penduduk Kota Makassar atau 62,22 %.Dari jumlah tersebut 59,42 % dilayani melalui pipa,sisanya 2,8 % dilayani melalui non pipa. Untuk luas wilayah distribusi telah mencapai radius 11.250 Ha.

Hal itu berarti, pelayanan air bersih PDAM telah menjangkau 65 % dari luas wilayah Makassar yang mempunyai luas 17.577 Ha. Sistim distribusi,yakni pemompaan lewat sistim tertutup menggunakan pipa mulai diameter 50 mm sampai 1.000 mm, dengan panjang pipa keseluruhan 2.701.233,45 Meter. Sementara potensi sumber daya air tanah bebas/dangkal berkisar pada kedudukan dari 0 sampai 22 m dari permukaan laut.Muka air tanah berkisar dari 0,15 m sampai 0,75 m dengan jenis lapisan akifer berupa pasir halus,pasir lempung. Untuk parasitas berkisar 30 % sampai 55 %.

Mengenai ketersediaan air tanah setiap tahunnya akan mengalami penurunan dengan semakin meningkatnya pertumbuhan penduduk, dan sektor industri. Bahkan, dari data PDAM di beberapa kecamatan hampir setiap tahunnya mengalami keterbatasan air. Sebab,suplai air dari PDAM belum mampu mencukupi kebutuhan air penduduk Kota Makassar.

Sehingga alternatifnya penggunaan air tanah dan PDAM harus dipadukan. Namun, penggunaan air tanah tanpa pengaturan, akan dapat menyebabkan kerusakan lingkungan misalnya lonsor dan lainlain. Jika standar pemakaian air 125 liter per orang setiap harinya,maka jumlah air yang harus disediakan setiap harinya, yakni 139.086.000 liter.

Sementara itu, Humas PDAM Makassar, Jufri Sakka menghimbau kepada masyarakat pelanggan agar tidak melakukan hal-hal yang dapat merugikan perusahaan secara khusus dan gangguan pemakaian air pada pelanggan lainnya. “Sesuai imbauan Dirut PDAM, maka diharapkan kepada semua kantor wilayah agar terus bekerjasama jajarannya dalam melakukan penertiban pelanggan,dan apabila menemukan pelanggaran yang serupa akan di ekspose pada media cetak,elektronik,”terang Jufri.

Sebelumnya, pemasokan air bersih, juga terjadi di wilayah Kecamatan Biringkanaya, Kawasan Industri Makassar,Pasar Niaga Daya, dan sekitarnya, yang disebabkan kerusakan gate valve pada boster pompa Kima secara tiba-tiba. (arif saleh)



Post Date : 10 Januari 2011