PDAM Gianyar Bantah Tudingan Diskriminatif

Sumber:Bali Post - 20 Juli 2005
Kategori:Air Minum
Kualitas pelayanan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Gianyar kembali disorot. Kali ini perusahaan daerah yang dipimpin Dewa Putu Djati ini dituding bersikap diskriminatif dalam merealisasikan permohonan sambungan air baru untuk calon pelanggan. Salah seorang warga dari Tegallalang mengeluhkan hal itu kepada wartawan, Selasa (19/7) kemarin.

Dikatakan, bersama lima orang rekan satu desanya, dia memohon pemasangan sambungan air kepada PDAM dalam waktu yang hampir bersamaan. Lokasinya juga saling berdekatan. Setelah menunggu beberapa saat, permohonan kelima rekannya dipenuhi pihak PDAM. Sementara permohonan yang diajukannya hingga kini belum direalisasikan. Setelah ditelusuri, ternyata kelima rekannya itu dibantu oleh seseorang yang diduga punya akses langsung dengan orang PDAM. Sedangkan dirinya mengurus permohonan itu seorang diri atau melewati mekanisme yang normal. ''Ini kan namanya sudah bertindak diskriminatif,'' katanya mengeluh.

Dihubungi lewat telepon genggamnya, Direktur PDAM Gianyar Dewa Putu Djati mengaku baru saja menerima komplin dari seseorang terkait permasalahan tersebut. Dia tidak ingat secara persis nama penelepon itu. Yang jelas, penelepon itu mengeluhkan diskriminasi pelayanan PDAM terkait permohonan sambungan air di Tegallalang. ''Memang ada warga yang menelepon saya dan mengeluhkan hal itu. Tak pernah terbersit sedikit pun untuk bertindak diskriminatif,'' tegasnya.

Kendati menolak tudingan diskriminatif, Djati berjanji akan tetap mengakomodasikan keluhan calon pelanggan itu secepatnya. Dia akan menghubungi stafnya di Tegallalang agar secepatnya merealisasikan permohonan sambungan air tersebut. Apalagi jika permohonan kelima orang rekan penelepon itu benar-benar sudah direalisasikan. ''Intinya, kami tidak ingin mempersulit calon pelanggan untuk mendapatkan sambungan air. Jika di kawasan itu sudah ada jalur sambungan dan debit airnya memenuhi syarat, semua permohonan pasti direalisasikan. Tidak ada yang diberikan perlakuan berbeda,'' katanya lagi.

Ditambahkan, debit air untuk memenuhi keperluan air bersih warga Tegallalang dan sekitarnya memang relatif kecil. Makanya dia meminta permakluman dari para pelanggan jika distribusi air di kawasan itu seringkali tidak mengalir secara penuh. ''Saat ini antrean calon pelanggan PDAM Gianyar sangat panjang. Jumlahnya ada ribuan. Mengingat kemampuan kami sangat terbatas, realisasi permohonan sambungan baru tentu saja harus dilakukan secara bertahap,'' katanya. (kmb13)

Post Date : 20 Juli 2005