PDAM Garut Mengkaji Air Langsung Minum

Sumber:Koran Sindo - 08 April 2008
Kategori:Air Minum

GARUT(SINDO) – Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Darma Kabupaten Garut saat ini masih mengkaji 16 sumber mata air yang berada di beberapa wilayah untuk dijadikansumberairbersih yang bisa langsung minum.

Itu dilakukan karena adanya tuntutan dari Peraturan Pemerintah (PP) No 16/2005 tentang Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) yang mengharuskan seluruh PDAM di Indonesia bisa menyediakan sumber air langsungminummulaitahun2008. Direktur PDAM Tirta Darma Kabupaten Garut Ahmad Ayub mengungkapkan, pihaknya cukup kebingungan untuk melaksanakan amanat PP yang juga sebagai penjabaran UU No 7/2004 tentang Sumber Daya Air (SDA).

Pasalnya, untuk membuat sumber air langsung minum yang disalurkan ke rumah-rumah pelanggan membutuhkan biaya sangat besar. ”Sampai sekarang, kami belum menghitung. Berapa biaya mengganti saluran pipa yang harus diganti dengan yang baru supaya steril, kemudian faktor lainnya seperti tekanan air,serta saluran pipa yang harus bercabang di setiap rumah perlu mendapatkan kajian dan penelitian lebih jauh,”ungkap Ayub kepada SINDO,kemarin.

Ayub menjelaskan, penggantian pipa saluran mutlak diperlukan, sebab meskipun air dari sumber nya telah dinyatakan steril bila melalui pipa yang telah berumur lama airnya akan tercemar dan tidak bisa diminum langsung. Ironisnya kata dia, pada APBD tahun 2008 Pemkab Garut hanya mengalo kasikan investasi sebesar Rp500 juta.

” Kalau investasi tetap kecil, saya pikir target untuk bisa mencapai Millenium Development Gold (MDG) tahun 2015 yang menargetkan bisa melayani masyarakat perkotaan 80% dan 15% masyarakat pedesaan dipastikan tidak akan tercapai. Tahun ini saja kami baru mampu melayani sebanyak 19% masyarakat perkotaan dari 22.500 pelanggan yang ada, sedangkan harga air di PDAM Garut permeterkubiknya sangat rendah, yakni Rp1.060,”sebut Ayub.

Dalam kesempatan yang sama,Pelaksana Teknis (Plt) Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Garut Budiman menyatakan, Pemkab Garut telah menyiapkan enam investor dari luar negeri untuk menanamkan modal pengembangan PDAM Tirta Darma. Direksi PDAM Tirta Darma juga diminta memberikan masukan kepada Pemkab Garut sebagai pemilik. (rommy roosyana/ nanang kuswara)  



Post Date : 08 April 2008