PDAM Cari Sumber Mata Air Baru

Sumber:Suara Merdeka - 26 September 2006
Kategori:Air Minum
BOYOLALI - Perusahaan Daerah Air Minum Kabupaten Boyolali akan mencari sumber air dan menambah armada mobil tangki. Hal itu untuk memenuhi kebutuhan akan air bersih masyarakat Boyolali ke depan.

''Tahun 2007 kebutuhan air bersih akan meningkat tajam dari tahun sebelumnya. Kami telah mengantisipasi dengan cara menambah debit air dan penambahan armada. Selain itu, juga mencari sumber mata air baru. Apalagi, tahun ini, kami perkirakan jumlah pemudik meningkat tajam,'' kata Direktur PDAM, Arys Wibowo, siang kemarin.

Jumlah konsumen di Kota Boyolali, lanjut Arys, sekitar 8.700 orang dan tiga hari sebelum Lebaran akan terjadi ledakan konsumen sekitar 30%. Dengan demikian, warga yang membutuhkan air bersih tiga hari menjelang Lebaran menjadi 10.000 orang.

Sumur Dalam

Air bersih yang digunakan untuk memenuhi konsumen selama ini dari berbagai umbul, di antaranya Umbul Tlatar, Desa Kebonbimo, Kecamatan Boyolali, dengan debit 70 liter per detik, Pusporenggo 15 liter per detik, sumur dalam 5 liter per detik, dan lainnya.

''Bila ditotal, debit air bersih yang selama ini diambil PDAM, adalah 110 detik per liter. Untuk memenuhi kebutuhan pelanggan di Kota Boyolali sebenarnya sudah mencukupi. Karena menjelang Lebaran terjadi peningkatan pengguna air bersih, maka harus dicarikan sumber air yang baru,'' tuturnya. Menurut Arys, sebagian pelanggan di Boyolali tidak mendapat pendistribusian air bersih secara merata.

Hal tersebut karena letak geografi yang kurang menguntungkan. Karena itu, setiap hari pihaknya mengedrop air bersih ke rumah konsumen dengan mobil tangki.

Dalam satu hari sedikitnya pengedropan air bersih sebanyak empat unit mobil tangki, dengan kapasitas satu tangki 5.000 liter air bersih.

Menjelang Lebaran, pihaknya akan menambah armada menjadi delapan unit mobil tangki.

Pembagian air bersih melalui mobil tangki dilakukan secara cuma-cuma, bahkan bila kekurangan bisa menghubungi PDAM.

''Bila ada yang memungut biaya segera laporkan ke kantor PDAM. Kami akan mengambil tindakan bila ada karyawan PDAM terbukti memungut biaya,'' tegasnya. (shj-50h)

Post Date : 26 September 2006