PDAM Cari Sumber Air Baru

Sumber:Koran Sindo - 20 Maret 2012
Kategori:Air Minum
SIMALUNGUN– Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirtalihou Kabupaten Simalungun, mencari sumber-sumber air bersih (umbul) baru di 31 kecamatan, untuk memperluas jangkauan layanan air bersih kepada masyarakat. 
 
Direktur Utama PDAM Tirtalihou, Jhon Pariaman Saragih mengatakan, saat ini sumber air bersih yang dikelola masih sangat minim dan belum mampu memenuhi kebutuhan masyarakat di seluruh kecamatan. “Sumber air bersih atau umbul yang dikelola PDAM Tirtalihou baru ada 42 titik untuk melayani sekitar 30.000 pelanggan.Jadi kami berupaya mencari sumber-sumber air bersih baru di seluruh kecamatan untuk memperluas layanan air bersih kepada masyarakat Simalungun,” papar Jhon kepada SINDO,kemarin. 
 
Dia menambahkan,sumber air bersih baru yang ada di seluruh kecamatan saat ini sedang disurvei. Jika dinilai layak dan memiliki kualitas air yang baik,kemudian akan dijadikan umbul baru untuk melayani pelanggan. Apalagi, saat ini baru 40% masyarakat Kabupaten Simalungun yang menikmati layanan air bersih. 
 
Menurut Jhon yang lama bertugas di perusahaan air minum di Jakarta itu,tahun ini PDAM merencanakan program peningkatan pelayanan kepada masyarakat melalui penggantian pipa distribusi dan transmisi karena banyak yang sudah keropos. “Sebagian besar pipa sudah berusia tua, sebab dipasang antara tahun 1970 hingga 1980 dan sampai saat ini belum juga diganti,”ujar Jhon. 
 
Selain penggantian pipa, PDAM Tirtalihou juga akan mengganti dan memasang meteran air pelanggan sebanyak 10.000 unit, karena saat ini banyak meteran pelanggan yang tidak lagi berfungsi atau rusak. Anggota DPRD Simalungun Chairul Anwar mendukung upaya PDAM Tirtalihou untuk memperluas jangkauan layanan air bersih dengan menambah sumber-sumber air bersih di setiap kecamatan. “Dengan demikian, pelayanan air bersih di seluruh kecamatan semakin baik,” ujar Chairul. ricky hutapea


Post Date : 20 Maret 2012