PDAM Batal Gunakan Sungai Gung

Sumber:Kedaulatan Rakyat - 04 Februari 2006
Kategori:Air Minum
TEGAL (KR) - Rencana pihak Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Tegal, menggunakan sumber air dari sungai Gung, untuk melayani para pelanggannya, dibatalkan. Hal itu lantaran mahalnya biaya proses sterilisasi air sungai itu. Setelah dihutung biayanya terlalu mahal untuk sterilisasi air, apalagi sungai Gung sendiri sudah terlalu parah terkontaminasi limbah, sehingga kami ba-talkan pemanfaatan sungai Gung untuk sumber air PDAM, ujar Bunasir, yang mewakili Kepala PDAM Kota Tegal, Hen-dri Purwanto .

Dikatakan, dengan demikian sampai sekarang untuk melayani para pelanggannya pihgak PDAM masih mengandalkan sumber air di Kaligiri, Brebes dan Bumijawa, Kabupaten Tegal. Menurut Bu-nasir, beberapa tahu lalu sempat terlontar rencana pengadaan sumber air lain yakni memanfaatkan sungai Gung, karena waktu itu kondisi air sungai Gung belum begitu separah seperti sekarang limbahnya sudah sangat menumpuk. Kalau dipaksakan tentu akan menelan biaya yang begitu besar.

Terus terang saja untuk sekarang kami tidak mampu untuk mengeluarkan biaya yang begitu besar untuk mengolah air sungai Gung menjadi minuman sehat. kalau beberapa tahu lalu kondisinya memungkinkan namun tidak didukung dengan dana yang memadai, tegas Bunasir. Saat ditanya tentang kemungkinan tahun 2006 ini PDAM menaikan tarif untuk para pelanggannya, Bunasir menegas-kan rencana itu memang ada namun tidak akan diterapkan tahun ini. (Ryd)-x.

Post Date : 04 Februari 2006