PDAM Bantu Mengirim Air Bersih di Tegalrejo

Sumber:Suara Merdeka - 07 Juli 2007
Kategori:Air Minum
PEKALONGAN - Selama pompa masih dalam perbaikan, PDAM sanggup membantu mengirim air bersih menggunakan truk tangki. ''Sehari, kami membantu 4.000 liter untuk 300 pelanggan di wilayah itu,'' Kata Direktur PDAM Kota Pekalongan, H Yani Setiawan SH.

Ditemui Suara Merdeka kemarin, Yani menjelaskan, membaca berita di Suara Merdeka mengenai warga Tegalrejo yang kesulitan air besih PDAM, dia langsung memerintahkan petugas untuk segera mengirim air bersiih sebagai pelayanan untuk masyarakat.

''Bantuan itu akan dilakukan setiap hari sepanjang warganya kekurangan air bersih akibat pompa rusak,'' katanya.

Dia menjelaskan, pengiriman air bersih itu tidak langsung diterima warga namun dimasukkan dalam hidran yang nantinya diambil oleh warga saat membutuhkan. ''Ada dua hidran yang harus diisi setiap hari,'' tambahnya.

Kepala Kelurahan Tegalrejo, Subaryanto yang ditemui secara terpisah merasa gembira mengingat kesulitan air bersih dari warganya bisa dicukupi oleh PDAM.

Langsung Ditanggapi

''Kami sudah kirim permohonan bantuan air bersih itu ke PDAM dengan tembusan camat dan wali kota. Ternyata permohonan kami langsung ditanggapi dan dikirim air bersih, sehingga warga senang dan dapat memasak dengan menggunakan air bersih,'' katanya.

Pengola Unit Pengelola Sarana Air Bersih (UPSB) Kelurahan Tegalrejo, Noor Anisroh menambahkan, kerusakan pompa itu sedang dalam proses perbaikan. '' Kini, pompa itu masih akan dibelikan ke Semarang, sehingga masih perlu waktu agar saluran air bantuan Dirjen Cipta Karya itu kembali normal,'' tegasnya.

Selain perbaikan pompa, kata dia, agar alirannya bisa besar, juga akan diperbesar daya listriknya sehingga diperkirakan pengeluaran untuk listrik di tahun mendatang akan meningkat dibanding tahun sebelumnya.

''Kami mengupayakan secepatnya air bersih itu kembali normal. Kami manargetkan dalam bulan ini selesai,'' katanya.

Beberapa warga mengatakan, dengan bantuan air besih dari PDAM itu, maka mereka bisa memasak menggunakan air bersih lagi setelah sebelumnya menggunakan air sumur.(A15-17)



Post Date : 07 Juli 2007