PDAM Bangun Zona Air Siap Minum

Sumber:Koran Sindo - 14 November 2007
Kategori:Air Minum
SUNGGUMINASA (SINDO) Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Gowa siap membangun zona saluran air siap minum. Proyek percontohan pertama akan dilaksanakan di Jalan Sultan Hasanuddin,Malino dan Pesanggrahan.

Program ini mulai beroperasi tahun depan dengan swadaya dari PDAM sendiri, ungkap Direktur PDAM Gowa, Hasanuddin Kamal,kemarin. Menurut Hasanuddin, proyek ini untuk sementara tidak akan melibatkan swasta.

Pasalnya, jika menggandeng swasta, maka kemungkinan akan ada kenaikan tarif.Sebab sifat perusahaan swasta berorientasi pada solvabilitas dan rentabilitas keuangan semata. Selain itu, kata dia, keterlibatan swasta dibolehkan atas perusahaan yang tidak dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas pelayanan di daerah layanannya.

Hasanuddin menjelaskan, dengan proyek ini masyarakat bisa langsung dapat meminum air dari kran.Namanya saja air siap minum, jadi langsung dapat dikonsumsi tanpa harus dimasak dulu,tuturnya.

Hal ini, kata Hasanuddin, sebagai realisasi dari mandat PP No.16 Tahun 2005 tentang pengembangan sistem penyediaan air minum (SPAM) yang mewajibkan setiap PDAM memiliki satu zona saluran air siap minum.

Selama ini, kata dia,PDAM sudah melakukan berbagai persiapan, di antaranya identifikasi titik-titik gravitasi dan sumber mata air di Gowa yang paling memungkinkan untuk realisasi program tersebut. Hasilnya, ungkap Hasanuddin, daerah Malino di Jalan Sultan Hasanuddin dan area Pesanggrahan menjadi proyek percontohan pertama.

Di Gowa titik gravitasi yang paling bagus dengan dua sumber mata airnya itu Malino.Jadi tinggal sentuhan alat pendukung, operasional siap berjalanjelas Hasanuddin. Proyek ini, kata dia, tidak hanya menekankan pada tingkat produktivitas air, tapi juga keamanan jaringan. Misalnya, jangan sampai ada rembesan yang bisa menyebabkan air dalam saluran terkontaminasi dengan udara luar. (herni amir)



Post Date : 14 November 2007