PDAM Bangun Instalasi Pengolahan Air

Sumber:Koran Sindo - 22 November 2010
Kategori:Air Minum

BEKASI (SINDO) – PDAM Tirta Bhagasasi (sebelumnya bernama PDAM Bekasi) berencana membangun dua instalasi pengolahan air (water treatment plant/WTP) pada 2011.

Dua WTP ini dibangun untuk meluaskan cakupan pelanggan di Kabupaten Bekasi yang kini baru mencapai 23% wilayah cakupan. Direktur Utama PDAM Tirta Bhagasasi Wahyu prihanto mengatakan, rencananya dua WTP tersebut akan dibangun di daerah Pondok Ungu,Kota Bekasi dan Tegal Gede, Kabupaten Bekasi. Di Pondok Ungu,WTP akan dibangun dengan kapasitas 300 liter per detik, sedangkan di Tegal Gede WTP akan memiliki kapasitas 500 liter per detik. ”Pembangunan WTP Pondok Ungu membutuhkan anggaran Rp15-20 miliar dan WTP Tegal Gede sebesar Rp75 miliar,” ungkapnya,kemarin.

Untuk pembangunan WTP Pondok Ungu,kemungkinan anggaran dari APBD Kota/Kabupaten Bekasi. Sementara untuk pembangunan WTP Tegal Gede,Wahyu menuturkan, saat ini PDAM tengah menjajaki peminjaman dana ke sebuah bank. Sebab, anggaran pembangunan WTP tersebut sangat besar dan tak mungkin di-coverPDAM. Anggota Komisi C DPRD Kabupaten Bekasi Budiyanto mengatakan, sudah seharusnya PDAM Tirta Bhagasasi membangun dua WTP untuk menambah cakupan pelanggan di Kabupaten Bekasi.

Pasalnya,saat ini PDAM terkesan lebih mengutamakan Kota Bekasi. Padahal saham Pemkab Bekasi 55% di PDAM, terbesar dibandingkan Kota Bekasi. ”Kebutuhan air bersih di Kabupaten Bekasi sudah mutlak dilaksanakan,” ungkapnya. (wahab firmansyah)



Post Date : 22 November 2010