PDAM Bangun 2 Instalasi Air

Sumber:Koran Sindo - 14 Mei 2007
Kategori:Air Minum
BEKASI (SINDO) PDAM Bekasi berencana membangun dua instalasi pengelolaan air minum di daerah Babelan dan Kedungwaringin. Dari dua instalasi ini, PDAM menargetkan 7.000 anggota masyarakat menjadi pelanggan baru.

Direktur Utama PDAM Bekasi Dhana Satria mengaku, pembangunan instalasi baru ini menggunakan dana APBD Kabupaten Bekasi dan Provinsi Jawa Barat.Anggarannya telah siap, sekarang hanya menunggu pelaksanaan, katanya. Untuk instalasi Babelan, kata Dhana, dana yang dihabiskan sebesar Rp6,1 miliar dari APBD Provinsi Jawa Barat, sedangkan instalasi Kedungwaringin menghabiskan dana senilai Rp5 miliar dari APBD Pemkab Bekasi. Instalasi Babelan, menurut dia, akan diperuntukkan bagi warga di Kecamatan Babelan dan Kecamatan Tarumajaya.

Sedangkan instalasi Kedungwaringin diperuntukkan bagi masyarakat Kecamatan Kedungwaringin dan Pebayuran. Namun, kenapa harus dibangun di dua kecamatan tersebut? Menurut Dhana, masyarakat di dua lokasi itu selama ini hanya mengandalkan air tanah untuk minum. Lebih dari itu, lanjut dia, pembangunan instalasi ini juga dilakukan untuk keseimbangan pelayanan air bersih antara perkotaan dan pedesaan. Kami menargetkan 7.000 sambungan baru dari dua instalasi ini, ujarnya.

Dengan pembagian, 3.000 sambungan baruberasal di instalasi Kedungwaringin dan 4.000 sambungan baru di instalasi Babelan. Dhana menambahkan, kapasitas produksi dua instalasi ini mempunyai kapasitas produksi sebanyak lima liter per detik. Selain dua instalasi itu, Dhana juga merencanakan memproduksi air bersih siap konsumsi. Saat ini sedang dilakukan pengkajian terkait rencana tersebut.

Sejauh ini, PDAM Bekasi telah menunjukkan dua lokasi perumahan yang dijadikan proyek percontohan air siap konsumsi tersebut, yakni Perumahan Kartini, Kota Bekasi dengan 600 pelanggan dan Perumahan Kota Legenda,Kabupaten Bekasi sebanyak 800 pelanggan. Untuk mewujudkan rencana ini, dia terus memperbaiki infrastruktur terlebih dahulu, seperti jaringan sambungan dan pipa distribusi. Rencana ini hingga kini sedang dikaji oleh tim dari PDAM,tukasnya.Bila sudah ada hasil dari tim kajian, Dhana berjanji rencana tersebut mulai dikerjakan pada 2008 mendatang.

Sebelumnya, PDAM Bekasi menunda kenaikan tarif dasar air sebesar 15% pada Juni mendatang. Sebab,PDAM akan mengevaluasi pelayanan masyarakat terlebih dahulu.Kenaikan tarif itu disetujui Wali Kota dan Bupati Bekasi melalui surat peraturan bersama Wali Kota dan Bupati Bekasi No: 01/03 Desember 2006.Kenaikan tarif dasar air ini untuk pemenuhan biaya operasional dan pengembangan cakupan pelayanan.Sebab,dari 5,6 juta penduduk Kota/Kabupaten Bekasi, PDAM Bekasi hingga kini baru mampu melayani 18% penduduk. Dengan kenaikan tarif air ini, PDAM juga akan menambah kapasitas produksi dari 1.850 liter/detik menjadi 2.100 liter/detik.(wahab f)



Post Date : 14 Mei 2007