PDAM Akhirnya Kirim Air Tangki ke Jatingaleh

Sumber:Suara Merdeka - 11 Desember 2007
Kategori:Air Minum
SEMARANG- PDAM akhirnya memberi respons kepada warga Jatingaleh, setelah 2 bulan pelanggan di wilayah itu kesulitan suplai air karena macet. Perusda itu mengirimkan 2 tangki air masing-masing berkapasitas 4.000 liter. Tak pelak rebutan air bersih pun tak bisa dihindari.

Warga Jl Kesatrian, Setyo Tuhu mengatakan, datangnya bantuan air tangki tersebut sangat diharapkan, meski warga sebagai pelanggan PDAM harus repot ngangsu dan antre. Kebutuhan air bersih sudah mendesak. Pasalnya warga harus membeli air tangki dari perusahaan swasta sebesar Rp 75.000/tangki. ''Petugas PDAM juga berjanji akan mengirim air tangki lagi jika pasokan habis. Kami diminta untuk menghubungi PDAM bila membutuhkannya selama air masih macet,'' katanya Senin (10/12).

Di Kesatrian, warga antre dengan beragam ember maupun tong. Truk tangki datang sekitar pukul 12:00. Hanya dalam waktu 30 menit, air pun ludes. Karena matinya air PDAM mencakup wilayah yang luas, maka truk tangki yang datang akan diadang dulu di daerah yang dekat dengan akses masuk. Sehingga pembagiannya pun harus bergilir. Lurah Jatingaleh pun menyempatkan diri meninjau pendistribusian air tangki. Ke depan, ia berharap PDAM bisa memperbaiki aliran yang macet itu dan tidak tergantung lagi dengan kiriman air tangki. Terlebih, biaya PDAM tetap dibayarkan setiap bulannya.

Kabag Sekretariat PDAM Tirto Moedal, Menuk Indrati mengatakan, pihaknya telah menginstruksikan pengiriman air bersih melalui truk tangki di wilayah yang terdapat banyak pelanggan yang kesulitan mendapat suplai air. Hal itu merupakan respons dari keluhan pelanggan.

''Pelanggan bisa meminta kiriman air bersih apabila dalam satu kompleks mengalami ketersendatan suplai air. Namun bila keluhan itu hanya 1-2 pelanggan tidak mendapat kiriman, hanya akan diperbaiki,'' katanya.

Hingga kemarin, Direksi PDAM belum bisa memberi keterangan soal kebijakan maupun upaya pembenahan suplai air di daerah yang mengalami kemacetan. Stafnya mengatakan direksi sedang rapat dengan DPU membahas penanganan pipa PDAM pada pelebaran Jalan Soeratmo. Rencananya, hari ini (11/12) Direksi PDAM akan mengecek langsung ke lapangan. (H22,H9-41)



Post Date : 11 Desember 2007