PDAM Akan Perbaiki Jaringan

Sumber:Suara Merdeka - 13 Oktober 2006
Kategori:Air Minum
SEMARANG - PDAM Kota Semarang berencana melakukan perbaikan jaringan, terutama pada pipa-pipa yang sudah tua. Perusahaan daerah tersebut juga berupaya meningkatkan produksi, termasuk berbagai sumber di Semarang atas dan Kabupaten Semarang.

Penjelasan tersebut disampaikan Direktur Utama PDAM R Agus Sutyoso, Kamis (12/10) usai apel peringatan HUT ke-95 PDAM Tirta Moedal Kota Semarang. Dalam acara yang dihadiri Sekda Kota Soemarmo HS itu, dilakukan pula peresmian logo baru perusahaan daerah itu.

Lebih lanjut Agus mengatakan, pihaknya akan menanamkan modal sebesar Rp 10 miliar - Rp 20 miliar untuk penanganan kebocoran. Itu termasuk untuk mengganti jaringan pipa dan meteran air. "Untuk penggantian jaringan, kemungkinan kami akan bekerja sama dengan Kubota Jepang. Saat ini kami sedang menyusun rencana yang lebih detail."

Selain perbaikan jaringan, pihaknya juga berupaya meningkatkan dan menjaga kontinuitas pasokan air. Upaya peningkatan pasokan tersebut, antara lain dilakukan dengan pembangunan waduk Jatibarang. Jika pembangunan tersebut terealisasi, diperkirakan produksi air PDAM bisa bertambah sekitar 1.000 liter per detik.

Selain itu, tambah dia, dilakukan pula upaya-upaya untuk menambah pasokan dari Semarang atas dan Kabupaten Semarang. Saat ini pasokan dari arah selatan tersebut rata-rata 400 liter per detik. Pihaknya berupaya agar bertambah rata-rata 120 liter per detik.

Untuk menjaga kontiunitas pasokan air dari instalasi pengolahan air (IPA) Kudu, kata dia, Pemprov Jateng juga telah membangun kolam retensi seluas 8 hektare. Kolam tersebut, rencananya juga akan terus ditingkatkan kapasitasnya dengan cara memperluas area genangan hingga 40 hektare.

Sekda Soemarmo HS berharap perusahaan daerah itu terus meningkatkan diri. ''Dengan demikian kontribusi perusahaan pada PAD juga bisa meningkat," kata dia.

Luncurkan Buku

Sementara itu, dalam acara itu diluncurkan pula buku PDAM Kota Semarang dari Masa ke Masa. Buku tentang sejarah berdirinya PDAM Kota Semarang hingga kondisi terakhir ini, disusun oleh Ganjar Triadi Budi Kusuma SPd, Jessi Tri Joeni S Tr, dan Dra Menuk Indrati.

Dalam buku itu disebutkan, jumlah sambungan ke pelanggan sebanyak 121.979 buah. Dari jumlah itu untuk wilayah Cabang Semarang Selatan terdapat 22.603 sambungan, Semarang Barat 22.336, Semarang Timur 28.759, Semarang Utara 26.290, Semarang Tengah 12.973, dan untuk keperluan pertahanan dan keamanan 9.018. (G6-62)



Post Date : 13 Oktober 2006