Pasokan Air PDAM Menurun 15 Persen

Sumber:Suara Merdeka - 08 September 2008
Kategori:Air Minum

PEKALONGAN - Berkurangnya tingkat konsumsi masyarakat terhadap air bersih yang disalurkan PDAM Kota Pekalongan selama bulan Puasa ini membuat pasokan air dari perusahaan daerah tersebut menurun sampai 15 persen.

Hal itu disampaikan Direktur PDAM H Yani Setiawan. Menurutnya, selama bulan Puasa ini, pihaknya melayani masyarakat yang menjadi konsumen dengan baik dan selalu lancar dalam penyaluran.

Terutama pada saat jam-jam dibutuhkan, seperti menjelang sahur dan menjelang magrib, termasuk saat siang hari.

”Selama Ramadan ini, alhamdulillah kami tidak kesulitan menyalurkan air kepada konsumen, sehingga tidak ada gangguan air,” katanya.

Pasalnya, jika pada saat jam-jam tersebut terjadi gangguan, maka masyarakat akan terhambat menjalankan aktivitas saat puasa, seperti kesulitan memasak untuk sahur dan berbuka serta lainnya.

Menjelang Sahur

Disebutkan, selama ini pengucuran air dimulai pukul 03.00-13.30. Kemudian berhenti selama satu jam dan 14.30 jalan lagi sampai 22.00. Berhenti lagi kemudian berjalan sesuai waktu tersebut.

Karena sebagian besar masyarakat mengkonsumsi air besih paling banyak pada saat menjelang sahur dan buka puasa. Hal demikian berpengaruh pada penurunan jumlah pasokan air, yakni antara 10-15 persen.

”Tapi penurunan itu tidak masalah karena persentasenya kecil dan hanya berlangsung selama Ramadan saja serta tak berpengaruh pada nilai produksi air,” tandasnya.

Bahkan sumber air PDAM Pekalongan baik dari mata air dan sumur selama ini mampu memberikan pasokan yang sangat bagus kepada pelanggan.(H52-17)



Post Date : 08 September 2008