Pasokan Air PAM di Cawang Terhenti

Sumber:Suara Pembaruan - 24 Februari 2006
Kategori:Air Minum
JAKARTA - Warga di Kelurahan Cawang,Jakarta Timur mengeluhkan terputusnya pasokan air PAM di daerahnya sejak Kamis (23/2) kemarin. Akibat kekurangan pasukan air PAM tersebut, warga kesulitan memperoleh air bersih untuk keperluan mandi, buang air dan memasak. Keluhan juga disampaikan sejumlah pegawai perkantoran yang lokasi kerjanya berada di Jl Dewi Sartika, Cawang, Jakarta Timur.

Thoyib, Warga Jalan Arus, Cawang, mengaku terganggu akibat kekurangan pasokan air. Semua aktifitas MCK dan juga kegiatan lainnya yang berhubungan dengan air bersih dibuat repot. Thoyib mengaku sejak kemarin sudah melaporkan hal itu ke pihak Thames Pam Jaya (TPJ), namun belum ada tanggapan.

Saat dikonfirmasi ke pihak PT TPJ, Direktur Komunikasi dan Hubungan Eksternal TPJ, Rhamses Simanjutak, mengaku belum bisa memastikan penyebab berhentinya pasokan air tersebut. Namun kemungkinan besar diakibatkan adanya pipa air yang pecah atau karena ada pengerjaan galian yang membuat saluran diputus sementara.

Namun ia berjanji air akan kembali mengalir dalam waktu 1-2 hari ini. Menurut Rhamses jaringan pipa di kawasan Cawang selain sudah tua juga tak kuat lagi menahan guncangan kendaraan di jalanan. "kebanyakan pipa-pipa iitu belum diganti sejak jaman Belanda, mungkin dari tahun 1930-an. Pipa-pipa tua di titik tertentu memang seharusnya diganti. Tapi penggantian membutuhkan waktu, survai, selain biaya besar," katanya. (L-11)

Post Date : 24 Februari 2006