Pantai Tanjung Pasir Tercemar Sampah Asal DKI

Sumber:Kompas - 01 Agustus 2007
Kategori:Sampah Luar Jakarta
Tangerang, Kompas - Pantai Tanjung Pasir di Kecamatan Teluk Naga, Kabupaten Tangerang, Banten, tercemar sampah domestik yang berasal dari DKI Jakarta.

Pantauan pada Selasa (31/7) menunjukkan, tumpukan plastik dan berbagai jenis sampah memenuhi pantai berpasir putih kecoklatan sekitar tiga kilometer di tepian Laut Jawa itu.

Mamit (32), warga Tanjung Pasir, mengatakan, warga harus bergotong-royong pada akhir pekan guna membersihkan pantai itu dari sampah. Pada Sabtu dan Minggu, Pantai Tanjung Pasir biasanya ramai dikunjungi wisatawan dari Tangerang dan Jakarta. "Sampah ini dibawa ombak. Kami yang kena getahnya, harus membersihkan," kata Mamit.

Syarif, warga yang berprofesi sebagai tukang ojek sepeda motor, juga mengeluhkan dampak sampah. "Sekarang mencari ikan semakin susah karena daerah ini kena polusi dari daratan. Akibatnya, banyak warga menganggur," kata Syarif.

Kondisi serupa juga terpantau di Pulau Untung Jawa, yang berjarak lima kilometer dari Tanjung Pasir. Sampah dari daratan mengotori bibir pantai. Padahal, penduduk Pulau Untung Jawa umumnya menggantungkan nasib dari usaha nelayan dan wisata bahari.

Sofyan, warga Pulau Untung Jawa, mengatakan, saat ini sampah yang mengotori kawasan itu berasal dari Jakarta. "Saat ini musim angin timur sehingga sampah yang datang dari arah kota Jakarta dan kawasan pinggiran, seperti Tanjung Priok hingga Cilincing. Kalau musim angin barat sedang berlangsung, datang sampah dari arah Tangerang," kata Sofyan. (ong)



Post Date : 01 Agustus 2007