Pantai Pangandaran Dipenuhi Sampah

Sumber:Pikiran Rakyat - 05 November 2007
Kategori:Sampah Luar Jakarta
CIAMIS, (PR).-Wisatawan yang memanfaatkan liburan akhir pekan, Minggu (4/11), di Pantai Pangandaran, Kab. Ciamis, merasakan pemandangan yang kurang menyenangkan. Hal itu dikarenakan tumpukan sampah berserakan sepanjang Pantai Pangandaran.

"Biasanya, kondisi Pantai Pangandaran ini bersih, sehingga kalau kita bermain di pantai, nyaman. Tapi, sekarang kondisinya kurang enak karena banyaknya sampah yang menutup pantai," kata Aceng, salah seorang wisatawan yang sedang liburan di Pangandaran.

Sampah yang menutup sepanjang pantai di bagian barat yang biasa digunakan wisatawan ini, di antaranya sampah plastik, ranting kayu, dan lain-lain. Kondisi itu terlihat sejak tiga hari terakhir, hingga Minggu (4/11).

Menurut seorang wisatawan Kota Tasikmalaya, Sudirman, mestinya pihak pengelola wisata Pangandaran bergerak cepat membersihkan sampah-sampah yang menumpuk di pantai, sehingga wisatawan akan merasa nyaman, betah, serta daerah pantai enak untuk dijadikan lokasi santai.

Kepala UPTD Objek Wisata Pangandaran, Haryono, ketika diminta tanggapan mengatakan, sampah yang ada di pantai merupakan bawaan dari sungai yang muaranya ke pantai ini. "Setelah hujan terjadi pada waktu tiga terakhir ini, banyak membawa sampah, hingga masuk ke pantai. Makanya, sekarang banyak sampah di pantai barat ini," katanya.

Haryono sendiri, sedang berusaha melakukan koordinasi dengan dinas terkait, yang menangani sampah/kebersihan, untuk membawa kendaraan truk ke pantai. Masyarakat Pangandaran sudah siap untuk mengangkat sampah tersebut, tetapi masih menunggu truk. (A-97)



Post Date : 05 November 2007