Panduan Pelaksanaan Kebijakan Nasional AMPL Berbasis Masyarakat di Daerah (Buku 1: Penjelasan Umum)

Pengarang:Sofyan Iskandar (Editor)
Penerbit:Jakarta, WASPOLA – Pokja AMPL, April 2008, ix + 8 hal
Tahun Terbit:Th. 2008
No. Klasifikasi:623.854 ISK p
Kata Kunci:petunjuk, panduan pelaksanaan, kebijakan nasional AMPL, penjelasan umum
Lokasi:Perpustakaan AMPL
Kategori:Petunjuk

Buku 1 ini merupakan bagian pertama dari lima buku panduan operasionalisasi Kebijakan Nasional Pembangunan Air Minum dan Penyehatan Lingkungan Berbasis Masyarakat (AMPL-BM) di daerah. Buku ini menyajikan informasi umum mengenai panduan mencakup latar belakang, tujuan, keluaran, sistematika, ruang lingkup dan penggunaan panduan.
 
Panduan ini merupakan akumulasi pengetahuan dan pengalaman dalam fasilitasi kegiatan operasionalisasi Kebijakan AMPL Berbasis Masyarakat di 49 kabupaten/kota pada 9 propinsi di Indonesia. Kegiatan fasilitasi ini berlangsung dari tahun 2002 sampai 2007, yang dilakukan oleh Kelompok Kerja Nasional AMPL melalui Proyek Penyusunan Kebijakan AMPL (WASPOLA). Proyek ini terlaksana atas kerjasama antara Pemerintah Republik Indoensia, Pemerintah Australia (AusAID), dan WSP-EAP World Bank.
 
Sebagai gambaran singkat, fasilitasi operasionalisasi kebijakan yang dilakukan proyek WASPOLA adalah sebuah proses yang panjang, dalam program pemberdayaan pemerintahan daerah dengan tujuan meningkatkan keberlanjutan sarana AMPL yang dibangun. Hal ini sebagai upaya memperbaiki pengelolaan pembangunan AMPL yang selama ini dikelola dengan mengabaikan aspek keberlanjutan. Untuk itulah, buku panduan ini disusun agar para pembuat keputusan dan stakeholder lain dapat belajar memahami esensi Kebijakan Nasional AMPL Berbasis Masyarakat, sekaligus memberi warna dalam penyusunan program pembangunan AMPL di daerahnya. Sehingga cita-cita mewujudkan tujuan kebijakan yaitu keberlanjutan dan penggunaan efektif, dapat segera terlaksana. Dan dengan sendirinya pencapaian Millenium Development Goals untuk bidang AMPL dapat terwujud pada waktunya.

Daftar Isi:

Kata Sambutan
Kata Pengantar
Daftar Isi
Daftar Singkatan

Pendahuluan
A. Latar Belakang
B. Tujuan
C. Pengguna
D. Manfaat
E. Sistematika

Ruang Lingkup

Petunjuk Penggunaan
 



Post Date : 21 Juli 2008