Paket Penjelasan Kredit Mikro Sambungan Air (Water for The Poor Toolkit)

Pengarang:Rudy Yuwono, dkk (PT. Qipra galang Kualita)
Penerbit:Jakarta, ESP-USAID (Environmrntal Services Program-United States Agency for International Development), 2008, 4 bagian (1 paket)
Tahun Terbit:Th. 2008
No. Klasifikasi:363.61 YUW p
Kata Kunci:petunjuk, air bersih, sambungan air, kredit mikro, MBR
Lokasi:Perpustakaan AMPL, Telp. 021-31904113
Kategori:Petunjuk

Paket penjelasan ini berisi berbagai informasi tentang layanan Kredit Mikro Sambungan Air yang merupakan salah satu perangkat (tool) untuk membantu masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) mengakses layanan air minum perpipaan dari Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) setempat.
 
Paket penjelasan ini terdiri dari 4 bagian, yaitu:
1. Bagian pertama, yaitu bagian Uraian Umum berisi berbagai informasi umum dan mendasar tentang Kredit Mikro Sambungan Air seperti definisi, prinsip layanan, komponen manfaat, langkah pengembangan, sampai ke kendala dan solusi dari Kredit Mikro Sambungan Air.
2. Bagian kedua dan ketiga, yaitu bagian perangkat PDAM dan bagian perangkat Bank menjelaskan tentang langkah-langkah spesifik yang harus dilakukan pihak-pihak dalam pengembangan Kredit Mikro Sambungan Air, berikut manfaat dan tanggung jawabnya.
3. Bagian terakhir, yaitu bagian Kumpulan Contoh berisi berbagai materi presentasi dan dokumen yang dapat dijadikan acuan bagi pihak-pihak yang ingin mengembangkan dan mengelola Kredit Mikro Sambungan Air.

Buku panduan ini diharapkan dapat membantu seluruh pemangku kepentingan, yaitu pemerintah pusat, pemerintah daerah, perusahaan-perusahaan air minum, masyarakat serta lembaga pembiayaan dalam usaha mereka meningkatkan akses untuk air bersih bagi masyarakat berpenghasilan rendah.

Daftar Isi:

Bagian Uraian Umum
Bagian Perangkat PDAM
Bagian Perangkat Bank
Bagian Kumpulan Contoh

 



Post Date : 16 Desember 2008