Olah Sampah dan Air Bersih, Pemkot Gandeng Jerman

Sumber:Suara Merdeka - 24 Januari 2008
Kategori:Sampah Luar Jakarta
SOLO- Pemkot Surakarta akan menggandeng Pemerintah Jerman untuk bekerja sama dalam pengolahan sampah di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Putri Cempa, Mojosongo, Jebres. Selain sampah, kerja sama itu juga untuk pengolahan air bersih.

Wali Kota Joko Widodo (Jokowi) mengatakan hal itu di rumah dinas Loji Gandrung sepulang dari Jerman, kemarin. Menurut dia, untuk menindaklanjuti rencana kerja sama itu, wakil dari Pemerintah Jerman akan datang ke Solo untuk melakukan peninjauan. ''Pemkot juga akan menggandeng investor lokal,'' kata Jokowi.

Menurut Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Ponco Wibowo, volume sampah di TPA Putri Cempa di Solo terus mengalami peningkatan. Hingga saat ini, tiap hari menghasilkan sampah sebanyak 260 ton. Sampah-sampah sebanyak itu terdiri atas sampah organik dan non organik.

Untuk mengantisipasinya, lanjut dia, sebenarnya Pemkot telah lama menggagas pabrik pengolah sampah terpadu. Jika terealisasi, proyek senilai Rp 110 miliar itu diyakini akan menjadi solusi masalah sampah di Solo. ''Studi kelayakannya sudah dilakukan tinggal menunggu investor,'' katanya.

Menurut dia, untuk proyek pembangunan pabrik pengolah sampah itu, lahan yang dibutuhkan seluas 2 hektare yakni di seputar TPA Putri Cempa di Mojosongo. Untuk memenuhi kebutuhan sampah yang diolah, Pemkot berencana menjalin kerja sama dengan pemkab sekitar(G8-50)



Post Date : 24 Januari 2008