OKU Selatan Bangun TPA 20 Ha

Sumber:Koran Sindo - 07 November 2007
Kategori:Sampah Luar Jakarta
MUARADUA (SINDO) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) OKU Selatan merencanakan pembangunan tempat pembuangan akhir (TPA) sampah seluas 20 hektare di Kec Buay Pemaca pada 2008 mendatang.

Sebab,TPA di Desa Bendi, Kec Muara Dua,sudah tidak mampu lagi menampung volume sampah yang sudah mencapai puluhan kubik per hari. Kapasitas TPA Desa Bendi sudah tidak memungkinkan lagi, ungkap Kepala Dinas Pasar, Kebersihan,Keindahan dan Pertamanan Kab OKU Selatan Badaruddin kepada SINDO, kemarin. Namun, kata dia, usulan tersebut harus melalui persetujuan DPRD OKU Selatan terlebih dulu.

Badaruddin menjelaskan, saat ini TPA Desa Bendi menampung puluhan kubik sampah setiap hari, baik sampai rumah tangga maupun sampah yang berasal dari pasar tradisional. Sampah-sampah tersebut diangkut ke TPA menggunakan enam armada yang disebar di sejumlah kecamatan. Di Kec Muaradua terdapat tiga armada. Sementara di Kec Simpang Sender, Banding Agung, dan Simpang masing-masing disiapkan satu unit armada pengangkut sampah. Tujuan penempatan sendiri, jelas dia, untuk memudahkan masyarakat membuang sampah pada tempatnya.

Jadi tugas 45 petugas kebersihan di Kab OKU Selatan dapat lebih mudah. Anggota Komisi III DPRD OKU Selatan Sri Mulyadi mengatakan, pada prinsipnya, pihaknya mendukung upaya Pemkab OKU Selatan dalam menangani masalah sampah. Akan tetapi, dalam penentuan program kerja, pihak eksekutif diminta menggunakan skala prioritas. (ashariansyah)



Post Date : 07 November 2007