MWTP Olah Air Baku Bisa Langsung Diminum

Sumber:Pikiran Rakyat - 08 Agustus 2007
Kategori:Air Minum
CIAMIS, (PR).-Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Galuh Kab. Ciamis mendapat bantuan dua unit instalasi pengolah air minum mobile water treatment plan (MWTP) dari Republik Cheska. Melalui teknologi yang terdapat dalam instalasi tersebut, air baku, misalnya air sungai, air sumur dapat langsung diminum sesuai dengan standar kesehatan.

Bantuan diserahkan langsung oleh Duta Besar Republik Cheska untuk Indonesia Pavel Razac, dan diterima Bupati Ciamis Engkon Komara, Selasa (7/8) di halaman kantor PDAM Ciamis. Dua instalasi tersebut, satu unit berkapasitas 5 meter kubik per jam, dibuat oleh Tesla Company, sedangkan yang kapasitas 15 meter kubik per jam diproduksi Iwet Company. Saat ini satu unit berada di halaman kantor PDAM, dan yang berkapasitas besar dipasang di instalasi PDAM Ciamis di Sindangrasa.

Direktur PDAM Tirta Galuh, Triani Puspadewi mengungkapkan, bantuan tersebut dirintis oleh Tonton Suharo warga Indonesia yang ada di Eropa. Setelah terjadi perbincangan dan pertemuan, akhirnya ditandatangani MoU dengan Geotest Company pada 20 Februari 2007. Setelah diproses 45 hari, pertengahan Mei, MWTP tersebut dikirim ke Ciamis. Pengiriman melalui kapal laut itu, tiba di pelabuhan Tanjung Priok, dan baru sampai di Ciamis pada Jumat (3/8).

Sementara itu Bupati Ciamis, Engkon Komara, berharap dengan bantuan itu terjalin komunikasi sehingga akan mempererat hubungan antara Ciamis (Indonesia) dengan Cheska. "Dalam kondisi kemarau seperti sekarang ini, bantuan tersebut sangat berguna," ujarnya.

Hal senada juga dikemukakan Dubes Cheska untuk Indonesia Pavel Razac. Ia berharap instalasi tersebut dapat membantu masyarakat yang mengalami kesulitan air bersih. (A-101)



Post Date : 08 Agustus 2007