Muka Air Jatiluhur Turun Suplai Air PDAM Seret

Sumber:Pikiran Rakyat - 22 November 2006
Kategori:Air Minum
PURWAKARTA, (PR).-Berkurangnya permukaan air Waduk Jatiluhur berpengaruh juga terhadap suplai air bersih ke sejumlah pelanggan PDAM di Purwakarta. Sejumlah pelanggan PDAM mengaku belakangan ini mengalami kesulitan mendapat air bersih akibat air PDAM tidak mengalir.

"Untuk memenuhi kebutuhan air bersih, saya terpaksa membeli air yang dijual keliling," ujar seorang warga yang enggan disebutkan jati dirinya.

Senada dengannya diungkapkan Bidin, warga yang tinggal di sekitar Munjul yang kesulitan mendapatkan air bersih menyusul tidak lancarnya pasokan air dari PDAM ke rumahnya. Untuk memperoleh air bersih terpaksa mengambil air bersih dari sumur-sumur yang ada milik tetangga.

Sedangkan, Ajat warga Sindangkasih, mengaku pasokan air bersih ke rumahnya melalui jaringan pipa PDAM tidak mengalami gangguan hanya saja kualitas airnya tidak jernih. "Meski aliran air ke rumah tidak mengalami gangguan tapi airnya berwarna kekuning-kuningan," katanya.

Sementara itu, Direktur PDAM Purwakarta, H. Idi Suryadi mengaku tidak lancarnya pasokan air dari PDAM ke rumah-rumah warga itu selain akibat pengaruh penyusutan air di Waduk Jatiluhur juga karena ada kerusakan jaringan. Namun, demikian kerusakan jaringan yang terjadi sudah diperbaiki dan tinggal menunggu saja.

Dijelaskan, akibat menyusutnya air permukaan Waduk Jatiluhur menyebabkan pasokan air ke PDAM mengalami penurunan. Dalam keadaan normal, debit air yang dipasok dari Jatiluhur untuk keperluan PDAM sebesar 120 liter/detik. "Sekarang ini pasokan air dari Jatiluhur ke PDAM menjadi 110 liter/detik," ungkap H. Idi. (A-86)



Post Date : 22 November 2006