Monitoring Kualitas Air oleh Masyarakat

Pengarang:Alifah Sri Lestari, dkk
Penerbit:Jakarta, Environmental Services Program (ESP), November 2009, x + 38 hal
No. Klasifikasi:644 LES m
Kata Kunci:air- kebutuhan rumah tangga, kualitas air masyarakat, monitoring
Lokasi:Perpustakaan AMPL, Telp. 021 - 31904113, Perpustakaan ESP
Kategori:Buku

Monitoring kualitas air oleh masyarakat merupakan hal penting yang perlu dilaksanakan mengingat air merupakan kebutuhan hidup sehari-hari yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat desanya. Dengan demikian, maka perlu dilakukan upaya-upaya untuk pelestarian sumber air ini. Penggunaan yang intensif dari sumber daya air ini akan berpotensi terhadap penurunan kualitas air, baik secara kualitas maupun kuantitas.
   
Buku ini terdiri dari 3 bagian yang mengupas segala informasi yang terkait dengan pelaksanaan kegiatan Monitoring Kualitas Air oleh Masyarakat. Secara rinci masing-masing bagian dapat diuraikan sebagai berikut:
-    Bagian 1 berisi tentang pengertian kegiatan monitoring kualitas air oleh masyarakat, tujuan, pentingnya kegiatan ini dilakukan dan pelaku kegiatan ini.
-    Bagian 2 berisi tentang pengalaman Tim ESP Jawa Barat dalam melaksanakan program  monitoring kualitas air oleh masyarakat ini. Pada bagian ini dijelaskan setiap kegiatan yang telah dilakukan oleh Tim ESP Jawa Barat bersama masyarakat di 10 desa di Sub-DAS Cikapundung Propinsi Jawa Barat. Di akhir bagian ini dituliskan hasil kegiatan serta cerita langsung dari masyarakat tentang pengalaman mereka melaksanakan kegiatan ini.
-    Bagian 3 berisi panduan penyelenggaraan kegiatan monitoring kualitas air oleh masyarakat. Panduan penyelenggaraan menjelaskan uraian lengkap tentang metode-metode pengukuran yang dilakukan pada kegiatan monitoring ini. Setiap metode dijelaskan berdasarkan latar belakangnya, tujuan yang ditetapkan tujuan, alat dan bahan yang diperlukan serta langkah-langkah melakukan monitoring ini. Selain itu juga dilengkapi dengan catatan penting yang menjadi dasar pemahaman dari setiap indikator pengukuran dan metode yang digunakan. Pemahaman ini dikhususkan pada keterkaitan indikator kualitas air yang diukur dengan dampaknya terhadap kehidupan masyarakat. Pada penjelasan setiap metode juga disertakan contoh-contoh formulir untuk mencatat data hasil pengukuran. Beberapa formulir juga menjelaskan penghitungan untuk mendapatkan hasil akhir dari penilaian kualitas air. Hasil akhir yang dicatat bisa dalam bentuk kualitatif maupun kuantitatif.

Buku ini sangat mudah dibaca dan dipelajari oleh wakil masyarakat yang ingin melakukan kegiatan monitoring kualitas air di daerahnya masing-masing. Buku ini sangat cocok digunakan untuk kelompok masyarakat yang benar-benar ingin memantau kualitas sumber airnya dalam rangka mewujudkan perbaikan pengelolaan sumber daya air secara khusus dan secara lebih luas mendukung terwujudnya perbaikan pengelolaan konservasi daerah aliran sungainya.

Daftar Isi:

Kata Pengantar
Ringkasan Eksekutif
Penulis
Daftar Isi

Bagian I: Apa Itu Monitoring Kualitas Air oleh Masyarakat
Pengertian Monitoring Kualitas Air oleh Masyarakat
Pentingnya Melakukan Monitoring Kualitas Air oleh Masyarakat
Pelaku Monitoring Kualitas Air oleh Masyarakat

Bagian II: Pengalaman Pelaksanaan Monitoring Kualitas Air oleh Masyarakat Di Sub-Das Cikapundung
Kegiatan Pilot Monitoring Kualitas Air oleh Masyarakat
Suara dari Lapangan

Bagian III: Panduan Pelaksanaan Kegiatan Monitoring Kualitas Air oleh Masyarakat
Pendahuluan
Pengukuran Debit Air
Pengukuran Kekeruhan Air
Pengukuran Kandungan Bahan Organik dalam Air
Pengukuran Kandungan Garam dalam Air
Pengukuran Kandungan Zat Besi dalam Air
Pengukuran pH
Pengukuran Kualitas Air dengan Indikator Biologi



Post Date : 17 Februari 2010