Mobil Tinja Buang Limbah di Lahan Kosong

Sumber:Suara Merdeka - 30 Oktober 2009
Kategori:Sanitasi

BATANG- Meski telah disediakan tempat pembuangan tinja di Instalasi Pembuangan Limbah Tinja (IPLT), mobil tinja milik Pemkab Batang justru membuang tinja di lahan kosong. Bahkan pembuangan itu dilakukan di lahan kosong pinggir jalan raya Pantura Batang, yang kerap kali dilalui oleh pengguna jalan pada tiap harinya.

Berdasarkan pantauan Suara Merdeka di lapangan pada Selasa (20/10), mobil yang seharusnya membuang limbah di tempat khusus tersebut malah membuang limbahnya di sebuah lahan kosong dekat tugu perbatasan di jalan raya Pantura Batang Pekalongan.

Kepala Dinas Tata Ruang, Kebersihan dan Cipta Karya Kabupaten Batang Muladi Widodo, ketika dikonfirmasi terkait dengan persoalan itu mengatakan, sesuai aturan seharusnya setiap pembuangan tinja dilakukan di Instalasi Pembuangan Limbah Tinja (IPLT) yang telah dibangun.

Namun ada beberapa pengecualian. Terkadang ada permintaan warga agar membuang tinja di lahannya sebagai pengganti pupuk.

“Yang jelas itu belum tentu buang tinja, bisa saja saat itu mengisi air, atau itu justru permintaan dari pemilik lahan,” ujar Mauladi Widodo, kemarin. (us-47)



Post Date : 30 Oktober 2009