Metode Memanen dan Memanfaatkan Air Hujan untuk Penyediaan Air Bersih, Mencegah Banjir dan Kekeringan

Pengarang:Dr-Ing.Ir. Agus Maryono & Ir. Edy Nugroho Santoso
Penerbit:Jakarta, Asdep Urusan Pengendalian Kerusakan Sungai dan Danau, Deputi Bidang Peningkatan Konservasi Sumber Daya Alam & Pengendalian Kerusakan Lingkungan, KLH, 2006, vi + 39 hal
Tahun Terbit:Th. 2006
No. Klasifikasi:627.4 MAR m
Kata Kunci:pedoman, pengelolaan air hujan, banjir
Lokasi:Perpustakaan AMPL
Kategori:Petunjuk

Krisis persediaan air bersih yang telah terjadi di beberapa daerah di Indonesia, cenderung semakin meningkat dan dapat terjadi pada daerah lainnya. Disamping itu, kekeringan pada musim kemarau dan banjir pada musim hujan secara rutin menimpa kita. Masalah tersebut diantaranya disebabkan oleh kesalahan dalam pengelolaan daerah aliran sungai dan juga kerusakan lingkungan yang terus berjalan sekarang ini.
 
Buku ini dimaksudkan sebagai panduan bagi pemerintah daerah, perusahaan, lembaga swadaya masyarakat, kelompok masyarakat dan rumah tangga dalam upaya memanen dan memanfaatkan air hujan secara tepat dan berhasil guna. Sedangkan tujuan penerapan metode memanen dan memanfaatkan air hujan adalah untuk mengurangi ketimpangan air pada musim hujan dan musim kemarau, menambah pasokan air bersih bagi penduduk serta mencegah banjir dan kekeringan.
 
Ruang lingkup materi buku ini mencakup analisis dan uraian metode-metode dalam memanen air hujan, serta memuat contoh-contoh pemanfaatan air hujan yang telah dilakukan oleh masyarakat, sehingga diharapkan dapat segera diterapkan.

Daftar Isi:

Prakata
Sambutan
Daftar isi
Bab I   Pendahuluan
Bab II  Metode-Metode Memanen Air Hujan
Bab III Kualitas dan Penjernihan Air Hujan
Bab IV Aplikasi Pemanfaatan Air Hujan (Memanen Air Hujan)
Bab V   Penutup

 



Post Date : 05 Mei 2008