Mesin Pompa PDAM Pecah

Sumber:Suara Merdeka - 06 November 2006
Kategori:Air Minum
SALATIGA- Suplai air bersih PDAM bagi sekitar 1.000 pelanggan di Warak Kelurahan Dukuh, Kecamatan Sidomukti, Salatiga, berhenti sejak Sabtu (4/11) malam.

Sebab, satu-satunya mesin pompa yang berada di daerah tersebut mengalami kerusakan di beberapa bagian vitalnya.

Kerusakan berawal ketika petugas jaga mendengar bunyi aneh pada mesin pompa dan langsung mematikannya.

Laporan kerusakan tersebut kemudian disampaikan ke kantor PDAM pada Minggu (5/11) pagi.

Mengetahui hal itu, petugas langsung mengecek dan diketahui krek as mesin pompa tersebut pecah.

Hingga petang kemarin perbaikan masih dilakukan oleh petugas, dengan harapan Minggu malam sudah dapat beroperasi kembali.

Direktur PDAM Kota Salatiga, H Darminto SE MM menyatakan untuk mengganti, diperlukan krek as yang baru dengan cara memesan terlebih dahulu. Pemesanannya pun bisa beberapa hari.

''Beruntung kami memiliki cadangan yang sama untuk beberapa mesin pompa di Ngaglik Kelurahan Ledok, Kecamatan Argomulyo. Untuk sementara dipinjamkan mesin pompa di Warak,'' ujarnya.

Jika penggantian suku cadang tersebut membutuhkan waktu sehari dan paling lambat Senin (6/11), mesin pompa sudah dapat beroperasi kembali.

Karena itu, Darminta berharap pelanggan di wilayah Warak bersabar dan memakluminya.

Dia memaparkan, sebenarnya PDAM telah merencanakan membeli mesin pompa cadangan yang akan beroperasi memenuhi kebutuhan air di Warak dan sekitarnya. Sebab, selama ini daerah tersebut hanya memiliki satu mesin pompa.

''Kami sudah merencanakan membeli satu unit mesin pompa cadangan untuk Warak, tinggal menunggu realisasinya. Harganya sekitar Rp 50 juta,'' urai dia. (H2-16s)



Post Date : 06 November 2006