Merangkai Keberagaman: Petikan Pelajaran Hasil Konsultasi Publik RUU Pengelolaan SDA

Pengarang:Harijanto Suwarno, Rikardo Simarmata, Rival Ahmad
Penerbit:Jakarta, Yayasan KEHATI, x + 278 hal
No. Klasifikasi:628.162 SUW m
Kata Kunci:Sumber Daya Alam-pengelolaan, konsultasi publik, Indonesia
Lokasi:Perpustakaan AMPL
Kategori:Buku

Buku ini berisi tentang proses pelaksanaan konsultasi publik perancangan Undang-Undang Pengelolaan Sumber Daya Alam di 28 propinsi di Indonesia, selama kurun waktu akhir 2002-2003. Konsultasi publik dilakukan sebanyak 141 kali mencakup tingkat nasional, regional, propinsi, kabupaten, kecamatan, desa dan komunitas.
 
Dari proses yang berlangsung, tergambar berbagai kerusakan dan penyebab kerusakan sumber daya alam. Dari proses ini, lahir pula kesepakatan untuk menata pengelolaan sumber daya alam ke arah yang lebih baik secara adil dan berkelanjutan dengan tidak menegasikan kearifan lokal yang ada.
 
Rangkaian konsultasi publik yang dilakukan mungkin bekum sempurna. Namun, proses ini dapat menjadi inspirasi dalam penyusunan kebijakan yang melibatkan masyarakat. Terbitnya buku ini juga melaporkan kepada masyarakat terutama dalam mengawal dijalankannya mandat Tap MPR RI No.IX Tahun 2001 tentang Pembaruan Agraria dan Pengelolaan Sumber Daya Alam.

Daftar Isi:
Sambutan oleh Direktur Eksekutif Yayasan KEHATI: Merangkai Perjalanan Proses Partisipatif (Ismid Hadad, MPA)
Kata Pengantar: Ketulusan Memaknai Keberagaman oleh Dr. Indra Darmawan, Bappenas, koordinator Konsultasi Publik RUU-PSDA
Pendahuluan
Rangkuman Proses Konsultasi Publik
Regional Sumatera
Regional Jawa
Regional Kalimantan
Regional Sulawesi
Regional Bali dan Nusa Tenggara
Regional Papua
Isu-isu Kritis PSDA
Pentup
Lampiran
 



Post Date : 19 Juni 2008