Menjelang Lebaran, Bantuan Air Dilipatgandakan

Sumber:Kompas - 11 Oktober 2007
Kategori:Air Minum
Temanggung, Kompas - Menjelang Lebaran, pemberian bantuan air bersih bagi warga di daerah yang mengalami kekeringan mulai dilipatgandakan. Jika sebelumnya bantuan air hanya 10 tangki per hari, mulai Selasa (9/10) pemberian bantuan air ditambah menjadi 20 tangki per hari.

"Dengan begitu, desa yang biasanya mendapatkan pasokan air bersih dua kali dalam seminggu kini menjadi tiga kali seminggu," ujar Kepala Bidang Perlindungan Masyarakat Dinas Ketenteraman Ketertiban dan Perlindungan Masyarakat Kabupaten Temanggung Budhiharjo, Rabu (10/10). Permintaan bantuan air bersih diajukan oleh 27 desa di sembilan kecamatan.

Budhiharjo mengatakan, penambahan pasokan air ini untuk memenuhi kebutuhan masyarakat selama libur Lebaran. Pada masa liburan itu, bantuan air juga dihentikan selama tiga hari, mulai Jumat (12/9) hingga Minggu (14/9).

Meskipun demikian, pasokan air sebanyak 20 tangki per hari tersebut dimungkinkan tidak akan berhenti pada saat menjelang Lebaran saja. "Jika memang permintaan terus meningkat, dimungkinkan pada setelah Lebaran pun pasokan air masih akan terus ditambah," katanya. Kepala Seksi Perlindungan Masyarakat Kantor Kesatuan Bangsa dan Perlindungan Masyarakat Kabupaten Magelang Heri Prawoto mengatakan, sejauh ini pihaknya juga berupaya menambah pasokan air bersih di setiap desa.

"Namun, penambahan pasokan ini sering kali terkendala oleh keterbatasan bak penampungan yang ada di desa," ujarnya. Menurut Heri, saat pasokan air akan ditambah, bak penampungan sering kali masih dalam keadaan terisi penuh. Untuk itu, tidak ada cara lain kecuali menghemat penggunaan air.

Di Kabupaten Magelang, dalam sehari bantuan air bersih diberikan sebanyak lima tangki kepada lima desa. Lima desa itu adalah Desa Margoyoso di Kecamatan Salaman, Desa Kenalan dan Sambeng di Kecamatan Borobudur, serta Desa Wonogiri dan Desa Kwaderan di Kecamatan Kajoran. (EGI)



Post Date : 11 Oktober 2007