Menjelang Idulfitri, Sampah Ditangani Secara Khusus

Sumber:Pikiran Rakyat - 24 Oktober 2005
Kategori:Sampah Luar Jakarta
BANDUNG, (PR).Sekira 1.350 personel PD Kebersihan Kota Bandung, akan dilibatkan dalam penanganan kebersihan khusus Idulfitri 1426 H yang akan dilaksanakan mulai H-2 sampai H+2. Adapun kegiatan kebersihan rutin akan tetap berlangsung seperti biasa.

Rencana kegiatan penanganan kebersihan khusus dilaksanakan mulai H-2 sampai dengan H+2. Kegiatan penanganan kebersihan khusus pada H-2 , dilaksanakan pada malam hari di samping kebersihan rutin yang biasa dilaksanakan, ujar Dirut PD Kebersihan Awan Gumelar, dalam siaran pers yang diterima Redaksi PR, Minggu (23/10).

Kegiatan penanganan kebersihan H-1 (malam takbir), juga dilaksanakan pada malam hari mulai pukul 21.00 - 05.00 WIB, dengan sasaran kegiatan kebersihan meliputi pusat kota, pusat keramaian, jalan-jalan protokol, lokasi berjualan PKL, pasar, dan tempat salat Idulfitri.

Sampah hasil kegiatan operasional malam Idulfitri, untuk sementara akan disimpan di atas truk atau TPS dan diangkut keesokan harinya ke TPA. Hal itu, dikarenakan adanya kesepakatan dengan warga sekitar TPA Jelekong, untuk tidak melaksanakan pembuangan sampah pada malam hari.

Kegiatan penanganan kebersihan hari H (Idulfitri 1426 H), sasaran kegiatan meliputi tempat salat Idulfitri, jalan-jalan protokol, pusat kota, pusat keramaian, dan tempat pemakaman umum, kata Awan.

Sementara itu, pada H+1 sampai dengan H+2, dilaksanakan seperti kegiatan rutin dengan pengaturan penugasan karyawan. Sehubungan dengan libur Idulfitri, sasaran kegiatan penanganan kebersihan meliputi pusat kota, pusat keramaian, tempat rekreasi, jalan-jalan protokol, dan penanganan kebersihan rutin.

Pada H-2, jumlah personel yang dilibatkan 94 orang, H-1 (malam takbir) 918 orang, hari raya Idulfitri 302 orang, dan H+1 sampai dengan H+2 1.323 orang. Seluruh sarana pendukung PD Kebersihan, yaitu 71 unit truk angkutan, empat unit alat berat, dan enam unit pick-up juga siap untuk digunakan. Adapun estimasi jumlah sampah yang terangkut sekira 4.600 m3.

Lokasi lain yang menjadi sasaran kegiatan penanganan kebersihan khusus meliputi sekitar terminal angkutan umum dan stasiun kereta api, serta tempat penampungan sampah sementara (TPS). Secara keseluruhan akan diperlukan 13.910 liter bensin dan solar.

Tidak ada libur

Kabag Hukum dan Humas PD Kebersihan Kota Bandung, Sefrianus Yosef, mengatakan, berdasarkan hasil rapat, kegiatan penanganan sampah rutin akan berlangsung seperti biasa. Pengangkutan tetap akan dilaksanakan setiap hari agar sampah tidak bertumpuk.

Penanganan sampah dari warga dan pasar tetap akan berlangsung seperti biasa, tidak ada libur. Hal itu sudah disepakati dalam rapat. Dengan demikian, seluruh petugas yang berjumlah 1.350 orang akan disiagakan, ujar Yosef, saat dihubungi PR, Minggu (23/10).

Menurutnya, jika sampah penanganan kebersihan rutin diliburkan, maka akan terjadi penumpukan sampah. Oleh karena itu, warga diminta tidak khawatir karena sampah dari tempat tinggalnya serta dari pasar, hotel dan sebagainya akan tetap terangkut.

Seluruh pegawai kita kan berjumlah 1.680 orang termasuk staf. Dari jumlah tersebut 1.350 di antaranya tetap bertugas, tambahnya.(A-131)

Post Date : 24 Oktober 2005